Semen Harga Terjangkau Tiba Di Papua Untuk Pertama Kalinya. Terima Kasih Pak Jokowi

Semen Harga Terjangkau Tiba Di Papua Untuk Pertama Kalinya. Terima Kasih Pak Jokowi

46

Setelah sebelumnya harga bahan bakar minyak (BBM) diseragamkan di seluruh Indonesia termasuk di Papua, kemarin, Kamis 10 Agustus 2017, pasokan semen dengan harga terjangkau tiba di Pelabuhan Timika. Ratusan ton jumlahnya.

Papua sebagai kawasan paling timur Indonesia yang sudah biasa terabaikan serasa anak tiri benar-benar diperlakukan sebagai anak kandung sekarang. Segala ketertinggalan yang sudah dibiarkan selama 72 tahun mulai dikejar. Pak Jokowi benar-benar ngebut membangun Papua untuk menebus kecuekan pemerintah dimasa lalu.

Pengiriman ratusan ton semen dengan harga terjangkau ini merupakan hasil sinergi lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT Pelni (Persero), PT Pelindo IV (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero).

Pasokan semen dengan harga terjangkau ke Papua adalah program pemerintah yang merupakan bagian dari kebijakan untuk mengurangi disparitas harga semen yang selama ini sudah terjadi di sana. Langkah ini diambil sebagai wujud nyata Sinergi BUMN yang meliputi optimalisasi pemanfaatan jasa layanan logistik, outlet untuk kegiatan penjualan produk jasa, aset, jasa keuangan, teknologi informasi dan komunikasi, tenaga profesional, dan lainnya dalam mendukung program pemerintah untuk membangun seamless logistics.

Selama ini harga semen di Papua bisa mencapai ratusan ribu bahkan 1 hingga 2 juta rupiah per sak, terutama di daerah pegunungan Puncak Jaya. Sementara harga semen di Jawa rata-rata hanya Rp 60 ribu per sak. Menyolok sekali perbedaannya.

Betapa beratnya selama ini perjuangan saudara-saudara kita di Papua. Sementara kita yang hidup enak di Jawa dan kota-kota besar lainnya malah sibuk menggerutu selalu merasa tidak puas pada semua usaha yang sudah dilakukan pemerintah, seakan-akan pemerintah terutama Pak Jokowi tidak pernah ada benarnya. Padahal pembangunan sudah terpampang nyata dengan jelas seperti ini.

“Tingginya harga semen di Papua disebabkan terhambatnya distribusi akibat sulitnya transportasi. Dengan menggandeng BUMN di bidang logistik, biaya distribusi semen diharapkan bisa lebih efisien sehingga harga semen bisa lebih murah. Sebab, pengiriman dilakukan secara terintegrasi melalui jalur darat, laut, hingga udara. Kerja sama diprioritaskan untuk pengiriman semen ke daerah di Papua yang tingkat disparitasnya tinggi,” demikian penjelasan dari Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Ahyanizzaman.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, mengatakan bahwa secara prinsip semua logistik sudah siap, mulai dari semen, pelabuhan, bandara serta pesawatnya. “Besok kita akan lihat juga kesiapan toko pengecer,” kata Fajar saat meninjau pasokan di Timika.

Pengiriman perdana semen harga terjangkau ini ditempuh melalui Makasar menuju terminal kargo Bandara Mozes Kilangin dan Pelabuhan Pomako Papua. Pengiriman dari Makassar ke Pelabuhan Timika mengangkut 312 ton semen dengan menggunakan produk salah satu anak usaha Semen Indonesia yaitu Semen Tonasa.

Dilanjutkan dengan pengiriman semen dari Timika ke Wamena yang melibatkan TNI AU dengan pesawat Hercules yang mampu memuat semen hingga 12 ton sekali terbang per minggu. Langkah ini harus diambil karena tidak ada akses lain menuju ke Wamena kecuali melalui jalur udara. Dengan menggunakan Hercules biaya logistiknya dapat ditekan menjadi murah.

Selain Hercules, maskapai pesawat kargo komersial TriMG yang mampu melakukan pengiriman 31 ton per hari juga disiapkan untuk mendukung pasokan ke Wamena.

Di Wamena, PT Semen Indonesia bersama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang akan mengambil tanggung jawab  mengendalikan dan mengawasi semen yang tersebar di pasar. Kerjasama akan dilakukan dengan pengusaha lokal untuk mengantarkan semen ke kabupaten pegunungan melalui jalur darat yang meliputi Jayawijaya, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga, Yalimo, dan Membramo Tengah. Ketujuh jalur darat kabupaten tersebut telah tekoneksi satu sama lain. Salut buat kerja keras yang selama ini sudah dilakukan Pemerintah untuk membangun Papua.

Dengan semua usaha ini, penurunan harga semen di Papua dapat terwujud hingga kisaran RP 75 ribu per sak, baik di Pesisir maupun Pegunungan Papua. Waaaahhhhh………….. Benar-benar kabar gembira dan membahagiakan buat saudara-saudara kita di Papua.

Entah mengapa, aku selalu merasa terharu melihat cara Presiden Jokowi memperlakukan saudara-saudara sebangsa dan setanah airku di Papua. Mulai dari pembangunan Trans Papua, pembangunan bandara-bandara berskala internasional di Papua dan Papua Barat, pengadaan listrik terutama di titik-titik Papua yang selama 72 tahun belum pernah tahu apa itu yang namanya lampu, pemangkasan harga BBM hingga tak jauh berbeda dengan harga di Jawa, dan sekarang harga semen terjangkau sudah masuk Papua. Berikut kami sertakan link artikel pendukung.

https://seword.com/ekonomi/cantik-dan-megah-bandara-bandara-papua-di-masa-pemerintahan-jokowi/

https://seword.com/politik/luar-biasa-70-pembangunan-infrastruktur-oleh-jokowi-tidak-menggunakan-apbn/

Dengan percepatan pembangunan yang semacam ini di Papua, aku yakin sebentar lagi tenaga-tenaga ahli akan mulai dikirim dan bermunculan di Papua. Baik itu tenaga ahli dalam bidang kesehatan, pendidikan, juga bidang-bidang lainnya. Untuk membangun Papua semakin indah dan kuat baik itu infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Mutiara Hitam dari Timur akan semakin berkilau dari hari ke hari.

Nikmat mana lagi yang hendak kalian dustakan wahai orang-orang yang tidak pernah merasa puas??? Jangan terus lanjutkan menutup mata jasmani dan mata hati kalian dengan yang namanya kebencian tiada akhir.

Daripada sibuk membenci, sebaiknya kita sama-sama sibuk mendukung pemerintah yang sah dalam doa dan kerja yang nyata.

Kritik jelas perlu dan sangat dibutuhkan untuk bisa mencermati segala sesuatunya dari berbagai macam sudut pandang. Mari fokus memberi kritik yang membangun, bukan kritik nyinyir yang menjatuhkan apalagi fitnahan.

Jika keadaan semacam ini bisa kita wujudkan bersama, niscaya bangsa kita akan maju dalam waktu yang tidak terlalu lama. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan bisa segera terwujud.

Terima kasih buat Presiden Jokowi dan seluruh jajarannya yang sudah berusaha giat mencari solusi dan mengusahakan percepatan pembangunan diseluruh negeri. Doaku setulus hati untuk kalian semua dan untuk negara. Hiduplah Indonesia Raya. Merdekaaaaa……………!!!!

#Saya Indonesia #SayaPancasila

 

Sumber referensi:

http://www.beritasatu.com/bisnis/446535-pertama-kali-semen-harga-terjangkau-tiba-di-papua.html

http://mediaindonesia.com/news/read/117026/sinergi-5-bumn-pelopori-semen-harga-terjangkau-di-papua/2017-08-10

https://metromerauke.com/2017/04/28/tekan-harga-di-papua-semen-indonesia-gandeng-4-bumn/

http://mediaindonesia.com/news/read/117026/sinergi-5-bumn-pelopori-semen-harga-terjangkau-di-papua/2017-08-10

Silakan klik link berikut untuk bisa mendapatkan artikel-artikel saya yang lainnya

https://seword.com/author/jemi/

Thank you so much guys. Peace on earth as in Heaven. Amen.

Share.

About Author

I believe, if you work really hard and you are kind, amazing things will happen.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage