Tercapainya Pemerataan Ekonomi Indonesia di 2017

Tercapainya Pemerataan Ekonomi Indonesia di 2017

0



Pertumbuhan ekonomi global di 2017 diperkirakan masih akan akan melambat. Hal tersebut seiring dengan ekonomi China yang diprediksi masih lesu di tahun ini. (bisnis.liputan6.com)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, selama ini China berhasil bertransformasi menjadi perekonomian terbesar nomor 2 di dunia. Setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi China mampu mempengaruhi permintaan barang dan jasa di seluruh dunia.

Bagaimana dengan perekonomian Indonesia yang terbilang sangat baik dibandingkan dengan lesunya perekonomian dunia, Indonesia memiliki optimisme pertumbuhan di tahun 2017 mencapai angka 5,1 – 5,4 persen dengan prediksi inflasi 4 %  dan kurs mata uang yang akan mengalami penurunan dari Rp. 13.300 menuju ke angka Rp. 13.500 terbilang baik dibandingkan lesunya ekonomi global.

Faktor ekonomi global yang turun serta ditunjang anomali iklim dunia yang akan berdampak terhadap kebutuhan bahan pokok akan menjadi faktor penghambat perekonomian Indonesia yang selama ini bertumpu pada sektor komoditas, serta Ekonomi Tiongkok yang cenderung turun di tahun 2017 berakibat terhadap ekonomi Indonesia yang menyebabkan kecenderungan turunnya ekspor Indonesia. Tiongkok, Eropa dan Amerka Serikat yang terkenal dengan negara pengimpor terbesar di dunia, serta kebijakan presiden Amerika terpilih Donald Trump yang akan menimbulkan sentimen negative pasar global.

Selama ini ekonomi Indonesia yang bertumpuk kepada konsumsi domestik dan ekspor komoditi tetap menjadi unggulan Indonesia, dimana permasalahan berikutnya adalah Indonesia masih memiliki angka gini ratio yang cukup tinggi 0,43 dari skala  0-1, menjadi perhatian dengan program pemerataan yang akan menjadi konsentrasi pemerintah di tahun 2017, dimana angka pengangguran terbuka pada tahun 2016 menunjukkan angka 5,5 persen, untuk tahun 2017 pemerintah akan menitikberatkan pemerataan di sektor ekonomi.

Dimana Indonesia diuntungkan dengan bonus demografi, jumlah usia produktif yang tergolong muda (dibawah 30 tahun) lebih dari 60 persen dari jumlah angka penduduk produktif, disisi lain produktifitas tenaga kerja Indonesia masih tergolong rendah, terutama dibandingkan negara tetangga (Singapura, Malaysia dan Thailand) menjadi permasalahan berikutnya yang akan diatasi oleh pemerintah pada tahun 2017 adalah dengan meningkatkan dan menambah jumlah pendidikan vokasi untuk menunjang kebutuhan Industri, dimana Industri yang padat karya akan menjadi prioritas. Berorientasi tidak hanya menghasilkan tenaga kerja yang produktif di sektor industri namun juga pentingnya meningkatkan kewirausahan yang padat karya akan berdampak terhadap penurunan angka pengangguran terbuka.

Dengan meningkatkan sektor industry yang padat karya serta  meningkatkan daya beli menjadi engine growth yang perlu diperhatikan, dimana sektor konsumsi rumah tangga yang selama ini cukup baik untuk menggerakkan perekonomian.

Disisi lain menggerakkan perekonomian desa adalah menjadi penting untuk pemerataan ekonomian Indonesia dengan budget untuk pengelolaan desa yang tertera di APBN mencapai angka 1 Milyar, fokus mengenai pengeloaan anggaran tersebut agar tepat sasaran untuk dapat menggerakkan industri dengan dibuatnya proyek infrastruktur sederhana yang bersifat padat karya, otomatis akan menggerakkan perekonomian, dan akan meningkatkan daya beli masyarakat dan berdampak terhadap perpurtaran ekonomi yang positif di daerah tersebut.

Mengatasi ketimpangan angka kemiskinan dengan program pemerataan pada tahun 2017 ini, dimana orang dinyatakan miskin, bukan disebut tidak memiliki harta/benda semata namun lebih kepada tidak memiliki akses, ketidakmampuan orang untuk melakukan aktifitas yang mengakibatkan orang menjadi miskin, dengan memberikan akses akan membuat orang tersebut lepas dari kemiskinan.

Hal utama untuk mendapatkan akses tersebut dititikberatkan kepada sektor pendidikan dan kesehatan. Dimana untuk keluar dari kemiskinan haruslah diberikan akses dan untuk mendapatkannya perlu pendidikan yang baik, dengan pendidikan yang baik akan menyebabkan orang tersebut memperoleh banyak akses untuk melakukan aktivitas yang secara langsung juga akan meningkatkan produktifitas, sehingga program pemerataan pemerintah pada tahun 2017 akan tercapai dengan tepat untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Share.

About Author

lecturer in business and informatics institute

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage