Jangan sok Cadas di Medsos tong

Jangan sok Cadas di Medsos tong

61

Mak bilangin yak.
Jaga mulutmu, ingat keluargamu, jangan sampai kau yang biasanya enak2 dirumah jadi ngaso2 di dalem bui. Pikir2 dulu sebelum nulis di medsos, jangan sok berani, sok tau, hoax, sebar kebencian, sok bener sendiri dan seneng bikin resah orang banyak, kredibilitas loe pun loe sendiri kagak tau apaan, jangan over pede.
Ingat!!
Anda tak kebal hukum.

Nanya : “Ih mak nakut2in memasung kebebasan berekspresi.”
Mak : “Tong, expresi teserah, asal lu jangan mengkriminalisasi, menghina, melecehkan, menyinggung dan menuduh orang lain, kalo lu mau expresi yang lain teserah. Kalo ada yang aduin itu resiko lu, kan lu cadas?”
Nanya : “Cadas sih mak tapi di bui mah gak mau.”
Mak : “Kalo lu gak mau makanya lu jangan bikin yang nyinggungin orang, mending bener, lah ini hoax pula.”

Tong…tong, kalo dulu ilang tenga malem bener lu dah, sekarang masi bagus dilaporin, bisa pra peradilan, bisa mewek, cium tangan, dulu mah tinggal nama doang lu.

Nanya : “Tapi gw ini hebat mak, gelar gw bederet, bangku skolah gw makanin semua, jadi kalau gw nyara kek, hoax kek itu karena gw ini berpendidikan dan hebat.”

Mak : “Lu mau hebat kek, superman kek suparman kek, kalo ada pasalnya tetep aja lu kejerat tar, kalau dah gitu lu kayak spiderman dah, nebar jerat yang kena lu sendiri.”

Nanya : “Jadi pendidikan ini buat apa kalo gak buat mencerdaskan bangsa mak?”

Mak : “Lohhhh? Koq lu mrasa mencerdaskan bangsa? Otak lu dimana, nih contoh yang bilang gini di medsos :

“Luar biasa negeri yang mayoritas Islam ini. Dari ratusan pahlawan, terpilih 5 dari 11 adalah pahlawan kafir.” #lelah

Ada lagi dari dia juga lanjutannya :

“Iya sebagian kecil dari nonmuslim berjuang, mayoritas pengkhianat. Untung sy belajar #sejarah.”

Nah tu contoh, nah soalannya tu yang dikatain kan masih ada keluarganya, ada bukti perjuangannya. Waktu berjuang untuk Indonesia itu gak ada cerita nanya agama segala. Pernah nonton pelem perang gak? Kalo sekubu ya yang lu serang musuh, bukan yang sekubu ma elu, aneh banget.

Terus jadi orang musti beli banyak cermin, ngaca ngaca coba.
Kalo kira kira belom ada yang pernah disumbangin ke negara, kalo belum ada bantuan apapun pada kebaikan Indonesia, jangan lu ngatain para pahlawan yang rela menyabung nyawa baik dengan angkat senjata maupun dengan diplomasi, dengan menggalang kekuatan intelektual dll untuk negeri ini.
Nah elu sapa????
Kalo soal lu aktip di partai mah, lu kan belum jadi apa2 yang dah jadi aleg juga kita lom tau sumbangannya palagi elu.

Nanya : ” Lah mak ini ngomongin sapa sih?”

Mak : “Lah gw ini secara umum ngomong, apapun profesimu, siapapun lingkunganmu, betapapun cadasnya mulutmu, biarpun lu pikir lu jenius walaupun belum terbukti, semua tetap harus dipertanggung jawabkan, gak bisa habis nge twitt bejibun orang kesinggung, trus lu tinggal gendong bayi lu dan mikir semua akan baik2 saja…di mimpi iya kali di dunia nyata, someone will react!!”

Nanya : “Kalo minta maap? Kalo cium tangan, cipiki cipika gimana?”

Mak : “Ya pasti dimaapin lah, soal hukum biasanya jalan terus, mewek lu.”

Jadi jangan sok cadas deh di medsos, pake koridor yang baik, hati yang tenang dan info yang mumpuni sebelum lu ketak ketik gak jelas.

Kalo lu biasanya ngepel sama nyapu kayak gw ni, gak usah lu ngomongin peradaban Atlantis yang gak lu pahami. Kalau mau juga lu riset dulu yang bener, lu cek dulu infonya, lu verifikasi dulu. Jangan tau tau lu nge twitt, “Saya yakin Atlantis adanya di bojong misalnya.” Lah, lu tau darimana pinter amat wkwk.

UU ITE terbaru tuh gini asal pada tau aja yak kira2nya :

1. Konten melanggar kesusilaan, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.
2. Konten perjudian, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.
3. Konten yang memuat penghinaan dan atau pencemaran nama baik. Bila dulu diancam maksimal 6 tahun penjara, kini menjadi 4 tahun penjara.
4. Konten pemerasan atau pengancaman, ancaman tetap yaitu maksimal 4 tahun penjara.
5. Konten yang merugikan konsumen, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.
6. Konten yang menyebabkan permusuhan isu SARA, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.

Ingat mulutmu harimaumu!!

Share.

About Author

There is always funny side in things. Never say never Fb : ifani ifani Insta : ifani.ifani

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email [email protected], jika layak nantinya akan diberi akses sebagi penulis seword. Admin akan mereview setiap karya yang masuk sebelum layak ditayangkan.

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat menghubungi:

    Alifurrahman
    BBM: 74B86AE4
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage