Breaking News! Patung Pancoran Telah Melarikan Diri Sore Tadi

Breaking News! Patung Pancoran Telah Melarikan Diri Sore Tadi

23

Jakarta – Patung Pancoran di kawasan Pancoran Jakarta Selatan sore tadi (11/8/2017). sekitar pukul 17:15 Wib telah melarikan diri. Tiang penyangga patung tersebut tampak kosong melompong ditinggal pergi patung bersejarah peninggalan Presiden pertama Ir. Soekarno tersebut.

Pihak Kepolisian kini masih terus berupaya melakukan upaya pencarian dan pengejaran terhadap patung Pancoran yang diduga melarikan diri ke arah Kalibata.

“Sedang dilacak ke mana larinya. Dari saksi mata yang melihat, patung Pancoran melarikan diri ke arah Kalibata menuju Taman Makam Pahlawan,” ujar petugas Kepolisian berpakaian Preman di sekitar TKP.

Lokasi Patung yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, tepatnya di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara tersebut kini telah diberi garis Polisi. Warga Pancoran yang datang melihat ke lokasi patung Pancoran tidak diperkenankan mendekat ke lokasi TKP.

Patung bersejarah yang dirancang oleh Edhi Sunarso pada tahun 1964-1965 tersebut belum diketahui dengan pasti sebab musababnya kenapa melarikan diri. Beberapa saksi mata melihat patung tersebut meloncat dari tiang penyangganya dan kabur ke arah Taman Makam Pahlawan, Kalibata melalui samping jalan Raya Pasar Minggu.

Menurut saksi mata, patung yang terbuat dari perunggu itu melarikan diri dengan wajah ketakutan dan pucat pasi. Patung tersebut tampak tergesa-gesa berlari disela-sela kepadatan kendaraan yang terjebak kemacetan dari arah Pancoran menuju Kalibata dan menerobos lampu merah perempatan besar Kalibata ke arah Jalan Raya Pasar Minggu.

Insiden sore tadi membuat panik para pengguna jalan di Pancoran dan seputaran Kalibata.

“Iya, tadi ngacirnya ke arah Taman Makam Pahlawan Kalibata,” kata Eni (21), karyawati yang terjebak kemacetan di depan Sate Pancoran saat ditanyai Wartawan.

Sementara itu, Bagas (27), pedagang batu nisan di Kalibata mengatakan, kaburnya patung Pancoran itu menyita perhatian para pengendara dan pengguna jalan. Namun, Bagas tidak mengetahui dengan pasti awal mula penyebab patung Pancoran tersebut melarikan diri.

“Tiba-tiba denger suara bruk bruk bruk gitu, banyak yang kaget,” ujar Bagas.

Menurut saksi mata di lokasi, patung Pancoran tersebut meloncat dari tiang penyangganya dengan tergesa-gesa. Para pengguna jalan yang melihat langsung kejadian tersebut tampak kaget melihat raut wajah patung tersebut yang meloncat dengan wajah pucat pasi lalu melarikan diri disela-sela kendaraan-kendaraan yang terjebak kemacetan.

Saksi mata lainnya mengatakan, sebelum melarikan diri, patung yang dibuat oleh Arsitek Ir.Sutami tersebut awalnya terlihat gelisah, sebentar-sebentar ia tampak menoleh ke arah kiri dan ke kanan. Tidak lama kemudian patung tersebut meloncat dari tiang penyangganya dan berlari menerobos kendaraan yang terjebak kemacetan di seputaran kawasan Pancoran menuju arah Kalibata.

Insiden tersebut mengejutkan para pengguna jalan yang sedang terjebak kemacetan saat pulang kerja. Kawasan Pancoran dan Kalibata kini ditutup Polisi sejak pukul 18.00 sore tadi. Tampak kerumunan para wartawan dan para Reporter TV yang melaporkan siaran langsung dari lokasi kejadian.

Para petugas Kepolisian yang telah tiba di lokasi langsung melakukan olah TKP dan melakukan investigasi disekitar lokasi. Pihak Kepolisian membentuk tim unit khusus untuk pencarian patung Pancoran yang telah kabur tersebut.

Unit tersebut melakukan pengumpulan data dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kaburnya patung Pancoran tersebut. Beberapa saksi mata digali keterangan mereka untuk dilakukan pemetaan dilapangan.

Sejak sore tadi, pihak Kepolisian terus berupaya melakukan pencarian dengan menurunkan tim Buru Sergap (Buser) dan anjing pelacak untuk mencari keberadaan patung Pancoran tersebut yang kini menghilang entah kemana.

Setelah lebih dari dua jam dilakukan pencarian dengan seksama oleh pihak Kepolisian dari Polres Jakarta Selatan dan dibantu oleh personil dari Polda Metro Jaya, pada pukul 19:55 Wib, patung Pancoran tersebut akhirnya ditemukan meringkuk dengan wajah pucat pasi di dalam area Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Patung Pancoran tersebut akhirnya digiring kembali ke tiang penyangganya di Pancoran setelah melakukan negosiasi yang cukup alot karena patung Pancoran tersebut menolak keras untuk kembali.

Saat ditanya oleh para Wartawan kenapa melarikan diri, sambil menunduk patung Pancoran mengaku terpaksa mengambil keputusan untuk melarikan diri karena takut didemo dan dirobohkan oleh ormas garis keras yang fanatik taqlid, begitulah kura-kura.

Share.

About Author

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage