@Istana- Tahun Ini, Pemerintah Bangun 60 Jembatan Gantung

@Istana- Tahun Ini, Pemerintah Bangun 60 Jembatan Gantung

0

Jembatan yang besar saya resmikan tapi jembatan yang kecil juga penting untuk infrastruktur. Dengan jembatan gantung ini ada percepatan untuk logistik, mobilitas orang dan barang menjadi cepat sehingga menghasilkan efisiensi biaya dan waktu. Seperti Jembatan Gantung Kali Galeh yang berada di Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung yang kita resmikan hari ini.

Jembatan gantung diperlukan karena antardesa, antarkecamatan diperlukan, kalau tidak ada masyarakat harus berputar, dan memakan biaya yang tidak kecil. Kondisi topografi Tanah Air yang ada sungai, ada bukit juga mendorong pemerintah untuk membangun lebih banyak jembatan gantung. Sejak tahun 2015, pemerintah telah mulai membangun 10 jembatan gantung di Banten dan 4 jembatan gantung di Magelang. Namun, yang paling banyak membutuhkan jembatan gantung adalah Papua dan Sulawesi.

Jembatan gantung yang terbentang sepanjang 90 meter di atas Sungai Galeh ini sangat dibutuhkan masyarakat setempat. Kalau pas kondisi sungai seperti ini tidak apa-apa, menyeberang, tapi kan bahaya, apalagi untuk anak-anak sekolah, juga untuk membawa komoditas. Apalagi kalau pas banjir harus muter jauh sekali.

Biaya pembangunan jembatan seperti ini sekira Rp3 miliar hingga Rp6 miliar. Saya tadi sudah sampaikan ke Menteri PU agar jembatan-jembatan seperti ini diberikan prioritas, karena permintaan masyarakat akan keberadaan jembatan gantung tersebut sangat banyak sekali.

Tahun ini diperkirakan kita bisa bangun 60-an jembatan gantung, karena penting sekali. Jembatan ini dapat dilalui oleh orang, sepeda, dan juga sepeda motor, namun tidak dapat dilalui oleh mobil. Sepeda motor penting untuk bawa tembakau di belakangnya, bawa sawit, kol dan lombok.

Share.

About Author

Istana Merdeka, Jakarta, Indonesia

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage