Kematian Sang Diplomat

Kematian Sang Diplomat

0

 


Kita tak pernah tahu kemana cinta membawa kita berlabuh. Dalam sebuah pelayaran kehidupan, beberapa pulau yang cantik dan indah bisa jadi menarik kita untuk menyinggahinya, lalu menetap. Namun kecantikan dan keindahan tak menjamin kebetahan. Kenyamanan bisa jadi hal lain yang perlu ditambahkan.

Tapi juga, tak semua pulau yang cantik dan indah bisa disinggahi lalu ditinggali. Akan ada, dan itu pasti, dari kisah salah satu pulau-pulau itu yang pada perjalanan hidupnya, memilih untuk mengusir orang yang singgah atau tinggal. Bahkan juga melakukan konspirasi dengan orang lain, agar orang sebelumnya bisa pergi.

Mungkin begitulah sebuah misal yang bisa digambarkan pada kisah Sang Diplomat (tepatnya Dubes) Yunani untuk Brazil. CNN menurunkan laporan tentang kecurigaan adanya sebuah konspirasi atas “pelenyapan” Sang Diplomat. Ia sebelumnya dilaporkan hilang oleh istrinya. Namun kemudian lelaki itu ditemukan tewas.

Mengejutkan memang, saat seorang polisi bernama Sergio Moreira, mengakui bahwa ia pelaku pembunuhan Sang Diplomat. Ia ditangkap dan penyelidikan sedang dilakukan. Pihak polisi merasa curiga ada keterlibatan antara istri Sang Diplomat dan si Sergio dalam kematian Sang Diplomat.

Kecurigaan adanya cinta segitiga pun menyeruak. Menjadi pertanyaan, apa yang kurang dari seorang Diplomat? Seorang Diplomat, biasanya memiliki kemampuan yang diatas rata-rata dalam soal intelektual. Negara tidak akan merekrut orang berkemampuan ecek-ecek dijadikan sebagai Diplomat.

Selain kemampuan intelektual yang memadahi, keluberan finansial pasti juga tersedia. Para Diplomat pasti mendapat gaji yang tak sedikit atas tugas negara yang ia jalankan. Namun mengapa, Francois, si istri Sang Diplomat melakukan dugaan konspirasi dengan seorang lelaki yang hanya bekerja sebagai polisi dengan motif cinta segitiga? Bisa jadi ketidaknyamanan. Pulau itu merasa tidak nyaman ditinggali oleh seorang lelaki pintar nan kaya. Pulau itu butuh kenyamanan juga.

Ada sebuah cerita yang lumayan bisa menggambarkan kehidupan perempuan istri Diplomat. Cerita ini ditulis oleh Lilimunir Croft-Crusworth. Cerita berjudul Mister Vital yang kemudian judul cerita itu juga menjadi judul buku kumpulan cerpennya Mister Vital (2006).

Istri Sang Diplomat, Rosidah, tergila-gila dengan seorang partner dansa, lebih tepatnya gigolo. Ia merasa bahwa partnernya itu luar biasa dan bisa membawanya ke puncak kenikmatan dalam soal urusan ranjang.

Namun, karena memang hubungan itu sebatas partner, si gigolo yang bernama Bimo, bisa dimiliki oleh siapa saja. Khususnya mereka yang memiliki duit. Hubungan antara Rosidah dan Bimo itu akhirnya diketahui oleh keluarga Rosidah. Dan anak-anak Rosidah yang biasa menjatah duit untuk ibunya, menghentikan mengirim uang.

Rosidah tak lagi bisa menyewa Bimo. Si Bimo akhirnya dimiliki oleh orang lain, perempuan lain yang memiliki duit. Rosidah kecewa. Ia sudah terlanjur cinta dengan Bimo. Tapi Bimo, karena itu bagian dari kebiasaannya menjadi partner, ia tak begitu menganggap. Bimo ndompleng lagi kepada perempuan lain yang lebih punya banyak duit.

Hingga Rosidah mati, ia masih memikirkan gigolo yang ia cintai. Sayang, si Bimo sepertinya tak begitu mengenal apa itu cinta. Cinta segitiga antara Rosidah, Bimo dan suami Rosidah akhirnya menyisakan korban Rosidah yang hingga ujung kematiannya pun masih terngiang-ngiang dengan Bimo.

Nasib cinta segitiga Sang Diplomat Yunani dan cerita Mister Vital mungkin berbeda. Tapi terdapat kesamaan di sana, bahwa istri para Diplomat rupanya ada yang nyeleneh dalam urusan cinta. Jika Diplomat Yunani itu menjadi korban mengenaskan dan mati karena dibunuh oleh lelaki yang mencintai istrinya, maka Diplomat Indonesia dalam cerita Mister Vital itu mengakibatkan si istri yang mati masih membawa angan-angan untuk bersatu dengan selingkuhannya yang cuma gigolo.

Kesepian dan ketidakpuasan urusan ranjang menjadi motif bagi Rosidah untuk berpetualang. Tapi apakah Francois juga mengalami persoalan yang sama dengan Rosidah, bahwa ia kesepian karena selalu ditinggal aktivitas padat suaminya dan tidak puas dalam urusan ranjang? Jujur saja, saya tak bisa menjawab. CNN tak memberikan kisah dari pertanyaan yang menggumpal dalam hati saya.

Cerita cinta segitiga yang berakhir dengan tragis itu semakin memperbanyak deretan daftar kematian kabar dari manca negara, yang tiap hari selalu dikabarkan oleh media tentang kematian-kematian dari korban perang yang terjadi di tanah Arab dan Myanmar sana.

Share.

About Author

[klik saja nama saya di atas kalau ingin baca tulisan saya yang lainnya]

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email [email protected], jika layak nantinya akan diberi akses sebagi penulis seword. Admin akan mereview setiap karya yang masuk sebelum layak ditayangkan.

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke [email protected]

    Alifurrahman
    BBM: 74B86AE4
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage