Press Release PPI Suriah, Sebuah Pesan Penting Untuk Indonesia

Press Release PPI Suriah, Sebuah Pesan Penting Untuk Indonesia

48

https://i0.wp.com/ppidunia.org/wp-content/uploads/2016/12/image1.jpg

https://i2.wp.com/ppidunia.org/wp-content/uploads/2016/12/image2.jpg

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Suriah telah mengeluarkan Press Realease resmi yang menggambarkan kondisi umum Suriah. Press Release ini selain menggambarkan kondisi umum Suriah sebelum terjadi konflik, juga berisikan sebuah pesan penting bagi kita di Indonesia. Ada 15 poin yang dituliskan, tetapi beberapa poin saja yang menurut saya sangat penting untuk kita sama-sama endapkan.

Pada poin 5, PPI menyatakan bahwa Suriah awalnya adalah negara yang kehidupan beragamanya cukup moderat dan sangat toleran. Tetapi (poin 8) karena adanya konflik yang berkaitan erat dengan berbagai kepentingan politik regional dan global (bukan sektarian), Suriah mengalami konflik berkepanjangan, dimana Provinsi Aleppo yang letaknya sangat strategis dan merupakan kota terbesar kedua setelah ibukota Damaskus terkena imbas konflik paling parah (poin 10).

Dengan apa yang terjadi di Suriah PPI memberikan mengecam keras segala bentuk kekerasan atas nama agama dan segala bentuk aksi yang dapat mengancam kesatuan NKRI atau menggangu keharmonisan bersama (poin 12). PPI juga Menghimbau pemerintah RI untuk mewaspadai WNI yang pernah terlibat konflik Suriah dan melakukan kordinasi dengan Perkumpulan Alumni Syam Indonesia (AL-SYAMI) sebagai wadah resmi alumni PPI Suriah di tanah air (poin 11). Hal ini penting dilakukan supaya kekhawatiran akan ikut tertularnya konflik Suriah di Indonesia bisa dicegah dengan baik.

Kekhawatiran akan WNI yang baru pulang dari Suriah yang dikhawatirkan membawa isu Suriah ke Indonesia sebenarnya sudah diantisipasi oleh Pemerintah yang akan melakukan pendekatan khusus. Hal ini bukan hanya dilakukan kepada WNI yang kembali dari Suriah, melainkan juga WNI yang kembali dari Irak.

“Sejauh ini yang kembali kurang lebih ada 53 dan itu kita lakukan satu pendekatan soft approach ya, pendekatan yang manusiawi, kita mengajak mereka kembali dalam kehidupan yang normal,” kata Menkopolhukam Wiranto di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Rabu (26/10/2016).

PPI juga menghimbau peringatan kepada warga Indonesia yang ingin memberikan bantuan untuk warga Suriah agar disalurkan melalui lembaga resmi yang dikordinasikan dengan perwakilan RI setempat (poin 13). Serta tidak mudah terprovokasi oleh berita yang tidak jelas sumbernya (poin 14). Kedua poin ini menjadi jawaban isu yang terjadi di indonesia belakangan ini. Isu dimana ada dugaan bahwa bantuan dari masyarakat Indonesia diperuntukkan oleh pemberontak, bukan pemerintahan Suriah yang resmi.

Hal ini perlu menjadi sebuah catatan penting bagi kita masyarakat untuk tidak ikut terlibat dalam menyokong konflik yang terjadi di Suriah. Bantuan yang diberikan jika memang terbukti menjadi bantuan kepada pemberontak seperti foto yang beredar, maka kita menjadi pihak yang juga ikut terlibat dalam konflik Suriah. Saya yakin masyarakat yang membantu bukan ingin memperpanjang konflik, malah ingin menolong korban konflik. Itulah mengapa himbauan PPI ini menjadi sangat penting bagi kita.

Kiranya Press Release PPI Suriah ini bisa menolong dan membantu kita untuk bisa melihat secara umum apa yang terjadi di Suriah. Dan informasi ini datang dari mereka yang ada langsung di Suriah dan tentu saja terjamin objektivitasnya. Jangan sampai kita salah mendapatkan informasi yang pada akhirnya membuat kita berpikir dan bertindak yang tidak-tidak.

Saya sendiri ketika membaca Press Release ini semakin menyadari betapa pentingnya kita untuk terus menjaga kesatuan NKRI dan keharmonisan hidup bersama. Suriah yang sebelumnya adalah negara yang moderat dan sangat toleran bisa diobrak abrik karena kepentingan politik regional dan global. Indonesia pun sangat mungkin bisa disuriahkan jika kita tidak waspada akan adanya gerakan kekerasan atas nama agama dan aksi-aksi lainnya.

Karena itu, marilah saat ini kita semua bergandengan tangan dan bersatu. Jangan mau dipropaganda oleh kepentingan politik regional dan global yang akan memecah belah kita. Provinsi Aleppo rusak dan hancur gara-gara kepentingan politik, Indonesia jangan sampai. Satukan hati rapatkan barisan untuk NKRI.

Salam NKRI.

Share.

About Author

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Donasi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage