Tiga Negara Ini Punya Paket Wisata Korupsi. Indonesia Kapan?

Tiga Negara Ini Punya Paket Wisata Korupsi. Indonesia Kapan?

9

Bus Corruptour ini akan mengajak wisatawan keliling Meksiko mengunjungi objek wisata terkait korupsi.

Korupsi, kejahatan yang benar-benar membuat kesengsaraan tidak hanya bagi satu atau dua orang, melainkan satu negara. Namun nyatanya, keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak membuat aksi koruptor gentar. Yang terjadi, antara KPK dan koruptor seolah-olah berlomba adu kehebatan. Ketika koruptor tertangkap, maka itu artinya KPK menjadi pemenangnya. Tapi faktanya, ketika KPK berhasil menangkap koruptor, masih banyak ‘tikus’ lain yang melenggang dan meremehkan komisi antirasuah tersebut. Kenapa meremehkan? Karena terbukti sang tikus itu selalu lolos dari bidikan komisi antikorupsi itu.

Konon di zaman orde baru, korupsi hanya terjadi di lingkaran tertentu saja. Ironisnya begitu masuk orde reformasi hingga saat ini, justru aksi korupsi ketika zaman orde baru itu seolah menjadi pembelajaran berharga. Nyatanya, semakin banyak penjahat kerah putih yang akhirnya diseret ke pengadilan.

Lantas, bagaimana menghentikan semua ini? Untuk membuat negara ini 100 persen bebas dari korupsi, rasa-rasanya juga mustahil. Selama urusannya masih di dunia, maka kejahatan tidak akan bisa hilang. Kecuali sudah pindah ke alam akhirat, pasti urusannya bisa lebih mudah. Namun setidaknya, kejahatan memakan uang rakyat semestinya bisa dikendalikan.

Akibat terlalu banyaknya tindakan korupsi di Indonesia, bukan tidak mungkin kelak negara ini juga akan memiliki paket wisata korupsi. Sebab, menjual paket wisata dengan sajian pesan antirasuah sudah ada di negara lain. Hingga saat ini, setidaknya ada tiga negara yang menjual paket wisata dengan sajian terkait tindak pidana korupsi.

Meksiko

Di Meksiko, para pegiat antikorupsi menjual paket wisata korupsi di kota industry Monterrey. Sebuah bus khusus disiapkan untuk wisatawan berisi pesan-pesan antikorupsi. Maklum, Meksiko menduduki peringkat 123 dari 168 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi seperti dirilis Transparency International 2016. Meski negara ini sudah memiliki undang-undang antikorupsi, nyatanya aksi membocorkan uang negara di Meksiko tetap tinggi.

Itulah yang membuat pegiat antikorupsi kemudian melakukan kampanye dengan menyiapkan sebuah bus wisata gratis yang diberi nama “Corruptour” yang merupakan gabungan kata Corruption dan Tour. Perjalanan yang ditawarkan adalah keliling kota untuk mengunjungi tempat yang memiliki histori terkait korupsi.

Wisatawan akan dibawa keliling kota Meksiko dan Monterrey melalui 10 objek wisata terkenal. Sementara pemandu wisata akan memberikan informasi terkait dugaan korupsi. Misalnya gedung senat republik yang pembangunannya diduga ada penyelewengan dana. Tempat lain adalah kantor jaksa agung yang dituduh terlibat skandal dengan pejabat pemerintah. Tak ketinggalan rumah mewah Presiden Enrique Pena Nieto yang dalam pembiayaannya juga diduga ada skandal korupsinya.

Republik Ceko

Tak hanya Meksiko, di Republik Ceko juga memiliki paket wisata korupsi. Kunjungan yang ditawarkan adalah berkunjung ke sejumlah objek yang pernah dijadikan tempat korupsi oleh kalangan birokrat negara ini. Misalnya kantor instansi pemerintah yang korup, proyek yang terbengkalai karena korupsi, hingga berkunjung ke makam para koruptor di negara ini.

Lokasi yang paling populer di negara ini adalah Kota Praha yang dikenal menjadi kota paling korup di negara tersebut. Di antaranya bisa berkunjung ke vila mewah milik para koruptor, termasuk perkebunan mewah yang juga dimiliki para tikus berdasi itu.  Tujuan wisata ini jelas, sebagai pembelajaran sekaligus pencegahan. Sebab dengan paket wisata ini, nama koruptor akan dikenal seluruh dunia.

Ukraina

Negara berikutnya yang punya paket wisata korupsi adalah Ukraina. Sebuah objek penting yang menjadi lokasi kunjungan wisata utama di negara ini adalah istana milik Presiden Viktor Yanukovich. Sejak sang presiden berhasil dilengserkan melalui proses kudeta, istana yang diberi nama Mezhyhirya di Kiev itu bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Sebelumnya, istana ini memang sempat tertutup dan hanya orang khusus saja yang boleh masuk ke dalamnya. Namun kini benar-benar terbuka untuk siapa saja. Pengunjung bisa melihat dengan jelas bagaimana kehidupan mewah sang presiden melalui perabot yang ada di dalam istana. Termasuk berbagai karya seni bernilai jutaan dolar AS, serta sebuah restoran perahu di dalam istana.

Istana Presiden Ukraina yang kini bebas dikunjungi oleh wisatawan.

Istana yang kini diberi nama Museum Korupsi Ukraina itu juga memamerkan barisan mobil mewah lama. Di bagian belakang, pengunjung bisa melihat lapangan golf yang diberi pagar keliling menyatu dengan istana di areal seluas 345 hektare.  Semua fakta tersebut seperti dimuat di majalah Integrito milik Komisi Pemberantasan Korupsi edisi Maret-April 2017.

Lantas, jika di Indonesia juga dibuat paket wisata korupsi, mana saja objek yang bisa dikunjungi? Salah satunya tentu komplek Hambalang yang kini mangkrak. Lokasi yang direncanakan sebagai tempat untuk menelurkan atlet berprestasi itu, kini hanya menjadi bangunan yang tidak jelas akan dipergunakan untuk apa. Nama pejabat dan politisi yang tersandung kasus korupsi akibat pembangunan komplek Hambalang ini juga berderet.

Selain Hambalang, gedung DPR/MPR/DPD juga bisa menjadi lokasi objek wisata. Faktanya, sudah berapa banyak para wakil rakyat yang seharusnya mewakili rakyat, tapi kemudian malah merugikan negara? Sekaligus ini menjadi simbol, bahwa orang-orang di dalam gedung inilah yang getol ingin membubarkan KPK melalui hak angket.

Jika KPK akhirnya dibubarkan, haruskah gedung baru milik lembaga antirasuah yang dibangun di kawasan Kuningan Jakarta itu hanya akan berakhir menjadi objek wisata korupsi? Kita tunggu saja kelanjutannya. (*)

 

Share.

About Author

Hobi menulis, menyukai dunia teknologi pikiran.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage