Dian Sastro Dicap Judes dan Jijik, Ini Ranah Privasi atau Memang Tidak Ramah?

Dian Sastro Dicap Judes dan Jijik, Ini Ranah Privasi atau Memang Tidak Ramah?

17

Setelah sempat jadi perbincangan publik karena unggahan Instagram Storynya yang berderet panjang seperti jahitan tepi baju (baca : Ketika Dian Sastro Mengunggah Instastory), lagi-lagi Dian Sastrowardoyo menjadi pemberitaan di media sosial, terutama Instagram. Kali ini karena rekaman videonya yang dianggap kurang bersahabat dengan penggemar.

Ceritanya ada seorang penggemar yang ingin mengajak Dian berfoto bersama. Mungkin saking ngefansnya wanita tersebut menjawil lengan Dian yang sedang berjalan di lorong. Refleks karena risih Dian menepis. Namun netizen juga mempersoalkan ekspresi Dian yang dianggap seperti orang bergidik jijik. Wajah Dian terlihat sangat dingin dan tidak ramah, berbeda dengan senyumnya saat di kamera.

Akibatnya banyak netizen yang berkomentar negatif mulai di akun Instagram gosip, akun Dian sendiri, sampai bahkan ke akun Hanung Bramantyo, sutradara film ‘Kartini’ yang dibintangi Dian, dan juga Zaskia Adya Mecca, istri Hanung. Tahu sendiri kan bagaimana agresif dan sporadisnya komentar netizen di Instagram.

“Saya suka sekali dengan karya film mas @hanungbramantyo , saya juga menanti untuk nonton kartini. Tapi sayang sekali dengan perilaku mb @therealdisastr yang seperti itu mungkin akan membuat penonton tidak antuasias untuk menontonya. Sebaiknya mb @therealdisastr mengklarifikasi dan meminta maaf atas kejadian tersebut, agar tidak terjadi kesalahfahaman. Dan film bisa berjalan dengan lancar .. SemangArt mas @hanungbramantyo,” tulis akun @@ibnu_676.

Hanung sampai membalas komentar netizen tersebut di akunnya,

“Selaku sutradara film Kartini, saya minta maaf jika ada salah satu pemain saya tidak sopan dengan penonton atau penggemar. Kami berusaha untuk selalu baik dengan siapapun, tapi kami juga manusia. Kami bisa juga lelah dan tidak sadar kelelahan kami mengakibatkan sikap yg gak enak. Saya percaya apa yang dilakukan Dian maupun pemain lain bukan sesuatu yg disengaja. Maafkan, maafkan yaa,”

Meski Hanung sudah meminta maaf ternyata tak juga meredakan komentar netizen,

“Hadeeh kok jadi mas hanung yg minta maaf, sastro nya aja biasa aja karna sudah terbiasa sombong. .. Saya tetap senang sama film2 mas hanung kok . sukses terus yaaaa .,” ungkap @irenirenaa.

“Ds yg seharsnya mnta maap,” @julieesetia menimpali.

Sumber : http://www.tabloidbintang.com/articles/berita/polah/65587-heboh-sikap-tak-ramah-dian-sastrowardoyo-pada-fans-hanung-bramantyo-minta-maaf

Namun ada juga netizen yang membela Dian,

Akun @ruyi.skincare :Sebenernya hal yang wajar kok, kalo aku diposisi dia juga spontan begitu. Kan kaget juga tiba” ada yg nyentuh..

Akun @biggholee: Spontan lahh, lagian ibunya masih nekat buat minta foto padahal udh ditolak. Kalo gua jadi dia pasti ngelakuin hal yg sama lah.

Sebetulnya masyarakat sering lupa bahwa artis itu sebetulnya penuh ranah privasi. Di mana seharusnya penggemar menyadari bahwa di luar waktu dan tempat yang ditentukan maka mereka tidak bisa seenak itu untuk meminta foto bahkan mendekati artis idolanya. Apalagi jika itu di luar konteks mereka sedang bekerja. Di luar negeri privasi artis sangat dijaga, bahkan jika dianggap ada yang mengganggu maka bisa dilaporkan ke aparat berwajib.

Nah masalahnya kalau di Indonesia di mana masyarakatnya sendiri masih sulit membedakan ranah publik dan privasi maka sepertinya batasan tersebut sulit. Apalagi jika artis itu dipuja banyak orang. Semakin tinggi ekspektasi masyarakat maka sedikit saja tingkah artis yang tidak sesuai harapan masyarakat maka akan menimbulkan reaksi keras.

Di luar desas-desus yang mengatakan bahwa Dian aslinya sombong dan judes maka saya berusaha melihat kasus ini dari sudut pandang berbeda. Yang saya lihat dari video Dian Sastrowardoyo adalah Ia sedang berjalan di lorong, sepertinya bioskop dan diikuti banyak orang. Entah usai atau sebelum pemutaran film. Mungkin memang tindakan penggemar yang mengajaknya foto di saat itu sepertinya kurang tepat karena ini bukan sesi meet and greet. Kedua mungkin Dian memang risih disentuh bagian tubuhnya oleh penggemarnya itu, kita juga tidak bisa menyalahkan karena kita pun mungkin juga akan bereaksi seperti itu.

Tapi di satu sisi Dian Sastro juga punya tanggungjawab moral untuk memberikan klarifikasi dan penjelasan tentang kejadian itu. Apakah nantinya dicap netizen hanya sebagai upaya membela diri atau akan diterima itu semua adalah resiko. Sebab kini Dian juga punya tanggungjawab kepada pihak yang mengajaknya bermain film. Sentimen negatif masyarakat dapat mempengaruhi animo penonton datang ke bioskop. Apalagi mayoritas followers akun gosip adalah ibu-ibu, tahu sendiri kan suara ibu-ibu adalah semacam suara Tuhan? Selain itu mungkin dari pihak penyelenggara acara yang melibatkan artis perlu dipikirkan bagaimana caranya menjaga privasi seorang artis. Entah kalau ada acara disuruh keluar lebih dulu atau dicarikan rute alternatif.

Satu lagi, mungkin sebaiknya masyarakat harus mulai diajari dan menyadari bahwa artis itu sejatinya manusia biasa. Mereka bukan dewa-dewi yang sempurna baik tindakan maupun kata-katanya. Secantik-cantiknya Dian Sastrowardoyo tetaplah Ia manusia yang tindakannya tidak bisa selalu menyenangkan setiap orang apalagi bebas dari yang namanya kesalahan.

 

Share.

About Author

Berbagi pikiran lewat tulisan.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com, jika layak nantinya akan diberi akses sebagi penulis seword. Admin akan mereview setiap karya yang masuk sebelum layak ditayangkan.

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Alifurrahman
    BBM: 74B86AE4
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage