Satu Lagi Terobosan Pemerintahan Jokowi, Aspal Plastik

Satu Lagi Terobosan Pemerintahan Jokowi, Aspal Plastik

14


Jokowi sepertinya tak henti-hentinya melakukan terobosan. Tidak hanya terobosan di bidang birokrasi yang memangkas ribuan persyaratan investasi di berbagai sektor tapi juga dalam di bidang pembangunan infrastruktur seperti ribuan kilometer jalan nasional dan jalan tol, ratusan jembatan, puluhan bendungan, serta belasan pelabuhan dan bandara.

Walau dalam setiap terobosannya selalu disusul oleh cibiran-cibiran kelompok yang siang malam berusaha mencari bahan fitnah hanya karena iri dengan prestasinya, Jokowi terus bekerja semaksimal mungkin untuk kemajuan negeri ini.

Presiden ke-7 Indonesia ini sangat menyukai hal-hal baru yang dapat mempercepat pembangunan dan mengurangi ketergantungan kepada negara lain. Tidak ingin terjebak kebiasaan-kebiasaan lama, sepert yang sering disampaikannya dalam banyak kesempatan, layaknya sikap pemerintah di negara-negara maju, Jokowi juga mendukung berbagai penelitian yang dilakukan oleh anak bangsa.

Terobosan kali ini adalah menggunakan limbah plastik menjadi campuran aspal. Para peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR sudah cukup lama melakukan penelitian di bidang ini. Uji coba berdasarkan studi ilmuwan Universitas Udayana inipun dilakukan dengan menggelar aspal sepanjang 700 meter.

Kerjasama Kementerian PUPR dan Kementerian Koordinator Kemaritiman memilih Universitas Udaya Bali sebagai lokasi uji coba karena akan digunakan sebagai showcase pada Forum Pertemuan Tahunan World Bank dan IMF tahun 2018 mendatang terkait dengan solusi masalah limbah plastik.

Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan bahwa ini merupakan salah satu solusi mengurangi limbah plastik.

Dalam setiap panjang jalan satu kilometer dan lebar 7 meter dibutuhkan 2,5 – 5 ton plastik. Diprediksi pada tahun 2019 Indonesia akan menghasilkan sampah plastik sebesar 9,52 juta ton, 14% dari total sampah yang ada. Ini dapat menyumbang kebutuhan pembangunan jalan hingga 190.000 km.

Seperti biasa, Presiden Jokowi tidak ingin berlama-lama mengeksekusi sesuatu jika sudah dilakukan pengkajian yang matang. Aspal campur plastik ini juga akan digunakan di Jakarta, Bekasi dan Surabaya pada Agustus tahun 2017. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI (DKI Jakarta dan Jawa Barat) & BBPJN VII (Jawa Timur) saat ini sedang melakukan persiapan agar bisa sesegera mungkin dimulai.

Sampah plastik bisa dikatakan sebagai problem bagi setiap negara. Sebagai negara penghasil sampah plastik laut kedua terbesar setelah China langkah ini sangat penting bagi dunia. Saat ini banyak dilakukan pengerukan sungai-sungai yang menyimpan sampah plastik. Bahkan menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di TPA Suwung, Bali terdapat tumpukan sampah plastik setinggi 40 meter.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam kunjungannya ke Kolaka, Sulawesi Tenggara juga pernah mengingatkan agar jangan membuang sampah plastik ke laut saat bertatap muka dengan ratusan nelayan dan masyarakat Kolaka. Menteri yang nyentrik dan berani ini meninjau daerah pesisir Kolaka dengan menumpang di bak pick up mobil double cabin Polres Kolaka.

Sampah plastik dunia sudah masuk kategori yang mencemaskan. Jika tidak diatasi pengolahannya maka pada tahun 2050 akan lebih banyak plastik dibanding ikan di laut. Isi sampah plastik inipun menjadi isu yang menguat dalam Konferensi Kelautan PBB.

Terobosan Pemerintahan Jokowi ini juga memperkuat komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah plastik hingga 70% dalam 8 tahun ke depan. Komitmen Indonesia ini disampaikan oleh Delegasi Indonesia dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam undangan Forum Konferensi Kelautan PBB di New York, Amerika Serikat.

Kelebihan aspal bercampur plastik ini selain biaya yang lebih murah 7-10% tapi juga meningkatkan daya cengkram sebesar 40% serta lebih tahan panas jika dibandingkan dengan aspal biasa. Jadi secara tidak langsung juga meningkatkan keamanan berkendara. Jadi tidak hanya mengurangi limbah tapi juga meningkatkan keamanan.

Aspal plastik ini juga telah digunakan di India dan Belanda. Di India bahkan tahun 2016 saja aspal plastik ini sudah digunakan mengaspal sepanjang 5000 km.

Langkah – langkah seperti ini sangat diharapkan oleh rakyat Indonesia. Terobosan – terobosan yang bermanfaat sekaligus membuat bangga. Walau baru 3 tahun memerintah namun terobosan-terobosan yang dilakukan Jokowi cukup mengejutkan, bukan hanya masyarakat Indonesia tapi juga luar negeri.

Jokowi wajib 2 periode.

Teruntuk yang iri, jika belum bisa berbuat untuk negerimu, minimal jangan nyinyir!

Sumber:
https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3522647/ri-penghasil-sampah-plastik-terbesar-mau-dijadikan-aspal

https://googleweblight.com/?lite_url=https://www.voaindonesia.com/a/indonesia-komitmen-tekan-sampah-laut-70-persen-/3891690.html&ei=twfOMz98&lc=id-ID&s=1&m=682&host=www.google.co.id&ts=1501400467&sig=ALNZjWmjii9qKD25o7SOjWXZQLGRcm_ORQ

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3451886/peringatan-susi-sampah-plastik-jangan-dibuang-ke-laut

http://regional.kompas.com/read/2017/03/21/11481241/menteri.susi.keliling.kolaka.di.bak.mobil.pikap.warga.histeris

http://properti.kompas.com/read/2017/07/29/235336921/uji-coba-aspal-plastik-stabilitas-jalan-lebih-kuat-40-persen-

http://wartakota.tribunnews.com/2016/10/16/wow-jalan-5000-km-ini-terbuat-dari-plastik

https://m.detik.com/news/berita/2967015/belanda-kembangkan-jalan-dari-bahan-plastik

Share.

About Author

Born in Medan, live in Jakarta & Bandung.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage