Suksesku Bukan Sukses Kamu, Masa Sih ?

Suksesku Bukan Sukses Kamu, Masa Sih ?

0

Pernahkah terpikir bahwa manusia diciptakan Tuhan tidak seragam, namum beragam ? Salah satu buktinya adalah “sidik jari”, setiap orang mempunyai guratan – guratan unik pada ruas jari paling atas.

Tidak ada yang sama, tak heran bila sidik jari menjadi identitas unik seseorang. Begitu luar biasa karya Tuhan, selain itu kemampuan akal juga diberikan kepada setiap manusia, maka sering kita dengan bila ada 1000 kepala juga ada 1000 pendapat / pikiran.

Secara ilmiah para ilmuwan telah menemukan kode unik lainnya yang dikenal DNA , unsur ini menyatu dalam setiap sel tubuh manusia. Setiap centimeter dari bagian tubuh kita mengandung unsur DNA, uniknya unsur kimiawi ini mampu mengkaitkan hubungan seseorang dengan orang tua atau saudara sedarah. Indah bukan ?

Sama halnya dengan  pakaian, tidak ada pakaian yang kita beli di toko benar – benar pas (fit) di badan kita, mungkin ada beberapa bagian yang pas tapi bagian lain kesempitan atau longgar.

Ketika masih kecil  sering orang dewasa menanyai apa cita – cita kita kalau dewasa, jawaban pun beragam. Masing – masing anak memiliki bayang an sendiri ingin menjadi seperti sosok siapa. Ada yang ingin menjadi tokoh kartun “Naruto”, “Spiderman”, “Batman”, atau menjadi tukang parkir (jukir). Semua sosok tersebut melekat pada benak anak –anak ketika melihat sosok – sosok itu beraksi di layar tv atau di dunia nyata.

Setelah dewasa mungkin anak – anak itu tertawa bila diingatkan cita – cita masa kecil mereka, penalaranpun berkembang sehingga mampu membedakan dunia nyata dan maya.  Setelah bersekolah informasi yang diserap pun berkembang, terutama menyangkut cita – cita dan sukses hidup.

Arti Sukses Bagi Setiap Orang Beda

Media massa sering manampilkan sosok sukses dengan gambaran berlimpah materi, hidup mewah, memiliki properti dan kendaraan mentereng. Belum lagi gaya hidupnya selalu kekinian, liburan ke luar negeri, makan di restoran mewah, membawa gadget terkini, dan lain-lain.

Benarkah gagasan sebuah kesuksesan seperti itu ? Semakin banyak kita menyerap informasi, semakin tahu bahwa tidak semua sosok sukses seperti itu. Sejumlah milliader dunia seperti pendiri Facebook, Microsoft adalah orang-orang sukses di bidangnya  dengan sosok bersahaja. Bisa jadi dulu mereka tidak  berpikir seperti sekarang ini, namun yang pasti mereka menikmati setiap proses kehidupannya menjadi hingga sekarang.

Menikmati setiap proses kehidupan adalah kunci sukses sejati, apa pun yang kita lakukan di bidang kita. Proses tersebut harus melibatkan perasaan dan pikiran yang fokus, menyelaminya dengan santai dan serius.  Niscaya tidak ada yang mustahil, bidang apa pun yang kita kerjakan akan menghasilkan sesuatu yang indah dan mendapatkan apresiasi sesama.

Bentuk apresiasi tidak melulu berupa uang atau materi, penghargaan dan pujian juga sebagai bentuk apresasi yang mampu menggairahkan proses. Setiap orang akan menjalani proses berbeda – beda, jadi bila dibuat “cerita” pasti masing – masing orang  berbeda kisah suksesnya dan arti sukses hidup bagi dirinya.

Jadi arti sukses kamu dengan suksesku pasti beda, buat aku sukses itu mungkin sederhana, bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan layak sudah cukup. Bagi orang lain bisa beda, sukses harus punya ini itu, rumah bagus,  mobil terbaru, karir lancar atau terkenal.

Boleh-boleh saja, seperti  Abraham Maslow, seorang pakar psikologi pernah menyatakan bahwa setelah manusia berhasil memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, dia akan mengejar impian lain. Apa itu ? Kekayaaan, popularitas dan kekuasaan adalah puncak keinginan manusia setelah kebutuhan pokoknya yaitu : sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, gaya hidup terpenuhi.

Apakah kita mau mengikuti standar sukses sesuai tangga keinginan manusia seperti teori Maslow atau yang pas saja untuk  standar kualitas hidup kita.

Share.

About Author

penulis lepas dan wiraswastawan Telegram : +62 857 7540 9593 email : sigitbc@gmail.com weblink : bluepenmedia.net

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage