Belajar Hidup Sederhana dan Mandiri dari Anak-Anak Jokowi

Belajar Hidup Sederhana dan Mandiri dari Anak-Anak Jokowi

3

Kalau Jokowi, kita sudah tahu bahwa beliau adalah orang yang sederhana dan mandiri. Bukti kesederhanaannya bisa kita lihat dari barang-barang yang dipakai dan dibeli oleh Jokowi. Beliau lebih suka menggunakan barang yang nyaman dipakai dari barang yang ribet saat digunakan. Begitu juga saat membeli barang, beliau lebih dulu mengutamakan manfaat barang tersebut dari pada harganya. Jadi wajar saja kalau Jokowi lebih suka barang-barang buatan anak negeri sendiri. Terbukti murah tapi tidak murahan. Maksudnya, produk lokal tapi kualitas nya tidak kalah dengan produk buatan luar negeri.

Selain itu, bukti kesederhanaan Jokowi bisa kita lihat saat beliau berkunjung ke daerah-daerah. Bertemu dengan banyak rakyat Indonesia tanpa pandang kaya atau miskin. Istilah kerennya merakyat. Kemudian makan ditempat-tempat sederhana dan menggunakan alat transportasi yang ada di daerah tersebut. Jokowi bukan tipe pemimpin yang cuma maunya fasilitas kelas 1. Walaupun kalau Jokowi mau, itu bisa dan wajar karena beliau seorang presiden. Tapi disinilah letak kesederhanaan beliau.

Kalau soal mandiri, Jokowi tidak perlu diragukan lagi. Melalui slogan kerja-kerja-kerja, Jokowi menularkan semangat kemandiriannya ke seluruh rakyat Indonesia. Lihat saja banyaknya infrastruktur yang dibangun merata. Itu semua agar kita bisa mandiri dan berdiri diatas kaki sendiri suatu saat nanti.

Itukan Jokowi. Bagaimana dengan anak-anaknya?

Jokowi ini memiliki keluarga hebat lho. Anak-anaknya juga hebat. Terbukti, ketiga anaknya bisa mewarisi kesederhanaan dan kemandirian dari bapaknya.

Mari kita bedah satu persatu

Gibran Rakabuming

Ini anak pertama Jokowi. Sebagai anak pertama, seharusnya Gibran ini bisa mengikuti jejak bapaknya. Bapaknya seorang presiden, paling tidak Gibran bisa mendapatkan posisi bagus dalam roda pemerintahan. Coba saja lihat kebanyakan orang. Bapaknya ketua partai, anaknya ikut-ikutan dalam susunan kepengurusan partai. Entah apa kemampuan dan prestasinya, yang penting punya posisi yang tinggi.

Gibran ini tidak sama dengan anak orang kebanyakan. Dia tidak suka memanfaatkan nama besar bapaknya. Dia lebih suka mengurus usahanya sendiri. Mandiri.

Dulu Gibran punya usaha catering dengan nama Chili Pari. Berkat kerja kerasnya, usahanya ini maju pesat. Sekarang, dia sudah punya usaha yang lain lagi yakni Markobar (Martabak Kota Barat)

Lucunya, kemaren ada yang nyinyir “Anak presiden kok jual Martabak”. Hahaha

Memangnya kenapa kalau jual Martabak? Martabak makanan enak lho. Saya selalu beli martabak walaupun bukan martabak yang berasal dari usaha anak Jokowi. Orang-orang juga banyak yang suka martabak. Ini kan bagus. Berarti Gibran sukses memanfaatkan peluang dari rasa suka banyak orang terhadap martabak.

Bagi saya, nggak penting usahanya apa, yang penting hasilnya halal. Walaupun sekarang usaha yang kita bangun kecil dan dipandang sebelah mata, tapi kalau kita tekun, suatu saat nanti kita pasti akan berhasil.

Saya salut sama Gibran. Dia ini orang yang menganut pemikiran “Lebih baik punya motor Supra tapi STNK nya atas nama sendiri dari pada punya motor Ninja tapi STNK nya atas nama orang tua”.

Ngertikan maksud kalimat dalam tanda kutip diatas?

Kahiyang Ayu

Ini anak kedua dan sekaligus satu-satunya anak perempuan dari Jokowi. Kahiyang ini pernah menjadi salah satu cewek yang paling banyak dibicarakan pada tahun 2014 yang lalu. Bukan cuma karena kecantikannya tapi juga karena kacamatanya itu lho, yang bikin dia kelihatan seperti cewek pintar.

Di tahun yang sama, dia pernah ikutan tes CPNS. Walaupun nilainya tinggi tapi tidak lolos kualifikasi karena ada salah satu kategori penilaian yang tidak mencukupi.

Anak presiden ikutan tes CPNS? Tidak ada pula perlakuan khusus. Ini membuktikan bahwa anak-anak Jokowi itu mandiri. Kalau cuma mengandalkan nama besar orang tuanya, mungkin Kahiyang tidak akan gagal saat ikutan tes CPNS kemaren.

Kaesang Pangarep

Kaesang ini anak bungsu Jokowi. Dia yang paling humoris dan aktif di sosial media. Waktu sekolah di Singapura, tidak ada yang tahu bahwa dia anak orang nomor satu di Indonesia. Pembawaannya santai. Tidak berlebihan. Dia melakukan hal yang sama dengan anak-anak seusianya.

Kaesang ini punya blog di blogger dengan alamat misterkacang.blogspot.com

Bayangkan kawan, anak presiden punya blog di penyedia blog gratisan. Padahal kalau Kaesang mau, dia bisa meminta Jokowi membuatkannya blog dengan domain dan hosting berbayar. Misalnya kaesang.com dengan menggunakan wordpress self hosted. Kurang sederhana apa coba anak bungsu Jokowi ini?

Selain itu, Kaesang juga seorang Youtuber. Menurut info yang saya baca, sejak menjadi Youtuber, Kaesang sudah jarang minta uang saku dengan bapaknya. Salut!!!

***

Kalau mau belajar hidup sederhana dan mandiri, anak-anak Jokowi bisa dijadikan contoh. Mereka bukan anak-anak yang karena bapaknya presiden, jadi suka berpoya-poya dan manja. Mereka anak-anak yang mau berkarir sesuai minatnya masing-masing tanpa harus memanfaatkan nama besar bapaknya.

Begitulah kura-kura.

Baca Juga :

Share.

About Author

Anak petani biasa. Tinggal di desa!

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage