Raimuna Ajang Pembangun Karakter Bangsa

Raimuna Ajang Pembangun Karakter Bangsa

1

Kegiatan Raimuna Nasional XI 2017 yang diadakan di Cibubur, Jakarta Timur mulai tanggal 14 – 21 Agustus 2017 adalah salah satu ajang bergengsi yang diadakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Raimuna Nasional XI 2017 diikuti lebih dari 15.000 peserta dari 34 Provinsi diseluruh Indonesia yang mulai berdatangan sejak tanggal 13 Agustus 2017.

Kegiatan yang telah diadakan 11 kali selama penyelenggaraannya ini telah menghasilkan banyak generasi – generasi berkarakter yang nantinya menjadi pioner revolusi mental. Raimuna Nasional XI 2017 di Cibubur, Jakarta akan secara resmi dibuka tanggal 14 Agustus 2017 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang mana bertepatan dengan Peringatan Hari Pramuka ke-56.

Berdasarkan pertemuan yang diadakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Presiden Joko Widodo didapatkan hasil bahwa Presiden Joko Widodo akan menghadiri Raimuna Nasional XI 2017. “Saya akan datang lebih awal pada 14 Agustus 2017 ke Cibubur. Selamat Hari Pramuka ke-56, dan mari kita sukseskan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka.” Kata Presiden Joko Widodo saat siaran pers setelah melakukan pertemuan dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Raimuna Nasional XI 2017 adalah tempat berkumpul bagi seluruh penegak dan pandega diseluruh Indonesia yang usia mereka adalah usia millenial berkisar 16 – 25 tahun. Melalui kegiatan ini mereka didik untuk lebih menjadi pribadi yang berkarakter dan pribadi yang disiplin sehingga ketika mereka dibutuhkan di masyarakat maka mereka dapat menggunakan semua ilmu yang mereka dapatkan untuk pengabdian.

Hingga saat ini telah berkumpul berbagai pramuka dari seluruh penjuru Indonesia, sebut saja Kalimantan Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Papua, NTT, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan masih banyak lagi kontingen daerah yang akan berkumpul di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. “Perasaan sih senang, bisa ketemu banyak teman pramuka dari seluruh daerah Indonesia. Barusan kami sudah buat yel – yel bersama Kontingen Daerah Bali, Papua Barat, dan Sumatera Utara. Bangga bisa sampai ke Bumi Perkemahan Cibubur bersama teman seperjuangan dari Kota Singkawang. Intinya saya bahagia dan semua perasaan campur aduk.” Kata Nelvira Wahyuni salah seorang peserta yang berasal dari Kalimantan Barat.

Kegiatan Raimuna Nasional ini juga dihadiri oleh pramuka – pramuka perwakilan dari negara sahabat seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dll. Indonesia memang memiliki daya tarik dibidang kepanduan karena merupakan negara yang memiliki anggota kepanduan terbanyak.

Raimuna Nasional XI 2017 diadakan 5 tahun sekali dan merupakan kegiatan rutin Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diikuti oleh Pemuda – pemudi yang berusial 16 – 25 tahun. Maka dari itu seluruh pihak berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi salah satu gerakan yang dapat terus mengawal program Presiden Joko Widodo yaitu Revolusi Mental.

Raimuna Nasional XI 2017 yang ditujukan untuk mempererat karakter bangsa ini diharapkan dapat terus menghasilkan pemuda – pemudi terbaik dan pilihan meskipun kegiatan ini diadakan 5 tahun sekali. Harapannya setiap peserta nantinya dapat mengaplikasikan kemampuan ataupun pengalaman yang mereka dapat pada saat mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XI 2017.

Walaupun dulu kegiatan kepramukaan ini sempat meredup dan hilang tak tentu arah yang membuat pamor dan penilaian negatif mulai mengacu kepada pramuka. Namun, semenjak adanya Revitalisasi Gerakan Pramuka dan pemberlakuan kegiatan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah, kini pramuka menjadi salah satu kegiatan yang menarik, atraktif, dan mendidik serta dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik ketika mereka terjun ke masyarakat nantinya.

Namun, dengan adanya kegiatan Raimuna Nasional XI 2017 ini maka Gerakan Pramuka juga meminta maaf karena telah menimbulkan kemacetan disekitar area Cibubur, Jakarta. Hal ini dikarenakan mulai berdatangannya seluruh kontingen daerah dari penjuru Indonesia ke Bumi Perkemahan Cibubur sejak tanggal 12 Agustus 2017 yang mengakibatkan kemacetan karena banyak bus yang keluar masuk area Bumi Perkemahan Cibubur dan diperkirakan hal ini akan terus berlangsung hingga Upacara Pembukaan Raimuna Nasional XI 2017.

Walaupun terjadinya kemacetan disekitar area Bumi Perkemahan Cibubur hal ini diharapkan tidak menimbulkan keresahan terhadap warga sekitar dan harapannya kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses karena kegiatan ini adalah kegiatan 5 tahunan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Karena kedepannya kegiatan seperti inilah yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia dapat menjadi penghasil pemimpin – pemimpin bangsa yang berkarakter serta nantinya dapat mengantar bangsa Indonesia menuju kesejahteraan.

Raimuna Nasional XI 2017 juga menjadi ajang bagi setiap daerah diseluruh penjuru Indonesia untuk dapat mempromosikan kebudayaan daerahnya masing – masing yang mana hal ini ditunjukan dengan adanya Pentas Seni Budaya pada setiap malam Raimuna Nasional XI 2017 dan didirikannya stand – stand provinsi peserta Raimuna Nasional XI 2017. Selamat ber-raimuna bagi seluruh Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur dan selamat Hari Pramuka ke-56 untuk seluruh Pramuka di Indonesia.

Sumber :

  1. https://news.detik.com/berita/d-3594812/jokowi-akan-hadiri-raimuna-nasional-pramuka-di-cibubur diakses pada 13 Agustus 2017
  2. https://news.detik.com/berita/3597271/raimuna-sebabkan-kemacetan-di-cibubur-pramuka-minta-maaf diakses pada 13 Agustus 2017
Share.

About Author

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage