SURAT BALASAN UNTUK PAK AHOK DI CIPINANG

SURAT BALASAN UNTUK PAK AHOK DI CIPINANG

4

Kemarin malam lewat akun facebook, Jan Calvin Pindo menulis sebagai berikut:

Andai aku Ahok

SURAT PAK AHOK UNTUK KITA SEMUA…

(dari kamarku yang baru di cipinang, aku akan menulis surat untuk dibacakan oleh istriku kepada semua yang mencinta dan tak mencintaku)

salam sejahtera
1. pertama-tama saya ingin menaikan syukur kepada tuhan, sumber segala kebaikan dan kekuatan, yang sudah memelihara seluruh kehidupan kita bersama sampai saat ini.
2. saya mohon maaf bila tak dapat menjumpai teman-teman semua seperti yang biasa saya lakukan di balai kota. saya yakin anda semua dapat memahami kondisi saya saat ini yang menjadikan saya tak mungkin untuk bertatap muka dengan anda semua.
3. dengan berat hati, pada saat yang sama dalam keyakinan yang kuat terhadap istri saya, maka saya memohon kesediaan istri saya untuk membacakan surat ini bagi anda semua. ini pasti amat berat baginya, namun dengan cintanya yang besar pada saya dan juga bagi jakarta, ia pasti akan bersedia menanggung semua ini… (i love you vero….)
4. teman-teman seperjuangan, terima kasih untuk cinta dan dukungan yang sudah kalian tunjukan buat saya. perjuangan kita belum selesai. bahkan justru baru dimulai dengan babak yang baru juga. teruslah menjaga nyala api perjuangan, sekuat apa pun angin yang mencoba untuk memadamkan api itu.
5. saat ini saya mohon kepada teman-teman semua yang masih ada di sekitar cipinang : pulanglah kepada keluarga kalian. saya akan baik-baik saja di sini. lanjutkan hidup kalian, lanjutkan pekerjaan kalian, lanjutkan perjuangan kita untuk terus membangun jakarta menjadi kota yang lebih baik. dengan begitu, seluruh perjuangan kita tak akan sia-sia.
6. betapa pun pahit dan berat keputusan yang sudah dijatuhkan oleh majelis hakim pada saya, itu semua saya hormati. saya tetap percaya pada lembaga peradilan dan oleh karena itu maka saya akan terus melanjutkan proses peradilan ini sampai tuntas.
7. bagi seluruh umat islam yang luka oleh karena ucapan saya, dengan sungguh dan dalam kerendahan saya mohon : bukakanlah pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi saya.
8. bagi saudara-saudara yang tak dapat menerima saya, melalui kesempatan ini saya mohon agar saudara-saudara dapat terus membantu pak jarot yang untuk sementara waktu menggantikan saya sampai nanti gubernur baru dilantik. dukunglah pemerintah yang sekarang dan yang akan datang dengan sepenuh hati. saya punya keyakinan bila kota jakarta ini baik maka kebaikan itu juga akan menjadi kebaikan bagi setiap warga jakarta. persoalan saya biarlah itu ditangani oleh lembaga peradilan yang ada.
9. bagi seluruh aparat di pemprov dki jakarta, tetaplah bekerja dengan baik dan benar seperti selama ini sudah anda kerjakan. janganlah hendaknya kerajinanmu menjadi kendor. inilah kesempatan untuk membuktikan bahwa jakarta bukan soal ahok, tapi soal kita bersama.
10. akhirnya, terima kasih pada semua pihak yang sudah bekerja sekuat tenaga. Pada lembaga peradilan melalui majelis hakim, jaksa penuntut umum, tim pembela, setiap saksi. terima kasih. buat mas jarot…you are a friend in deed…selamat jadi gubernur sementara. terima kasih buat semua pendukung…dua tahun itu sekejap saja..we shall overcome..dan last but not least, buat anak-anakku..terima kasih kalian tetap tegar…buat vero..tak ada kata yang bisa ungkap rasaku yang paling dalam saat ini..i love you..

cipinang, 09 mei 2017
salam dua jari
basuki tjahaja purnama (ahok)

Dan berikut balasan saya untuk surat dari Pak Ahok:

SURAT UNTUK PAK AHOK DI CIPINANG

(dari meja kerjaku di salah satu ujung timur Pulau Jawa)

salam sejahtera untuk Pak Ahok

1.Saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME yang tetap menjaga keutuhan negara ini meski diterkam bebagai macam ujian. Semoga Tuhan melapangkan hati Pak Ahok atas keputusan peradilan yang berlangsung. Semoga semua orang yang kerap mengkritik pemerintah melindungi Pak Ahok dibukakan pintu hatinya oleh Tuhan agar kembali mempercayai pemerintahan dan bisa membukakan maaf untuk Pak Ahok.

2.Saya mengerti kondisi bapak yang pertama kali ini memasuki rutan. Meski saya yakin bapak tidak bersalah, tapi bapak telah menunjukkan ketegaran yang luar biasa. Pak Ahok tak perlu meminta maaf karena tak bisa menemui pendukung bapak. Saya yakin mereka akan menjaga bapak dengan baik di sana.

3.Terima kasih untuk Bu Vero yang menjadi teladan sebagai istri hebat dari seorang pejabat. Keteguhan Bu Vero tentunya dibutuhkan untuk menguatkan Pak Ahok sebagai orang yang paling dekat dengannya dan untuk semua keluarga yang ditinggalkan Pak Ahok terutama anak-anaknya. Saya yakin ketegaran dari Bu Vero yang bisa mengahapus luka Pak Ahok selama di penjara.

4.Seperti yang Pak Ahok katakan, kalau perjuangan ini bukanlah akhir melainkan awal dari perjuangan sebenarnya untuk memajukan Jakarta dan Indonesia. Saya yakin para teman seperjuangan lain juga tak akan menyerah apalagi berbelok setelah berkali-kali kecewa (setelah kekalahan Pilkada dan diputuskan bersalah). Perjuangan sesungguhnya baru saja dimulai, pemerintah dengan dorongan kuat dari kita semua akan mampu menumbangkan musuh-musuh negara.

5.Saya juga turut merasakan kepedihan luar biasa dengan yang teman-teman rasakan saat berada di depan rutan Cipinang tadi malam. Namun, benar sekali yang dikatakan Pak Ahok kalau perjuangan belum selesai. Kita kembali ke kehidupan masing-masing dengan semangat patriot yang lebih tinggi. Yakinlah kalau nama Pak Ahok akan melambung tinggi setelah ia menyelesaikan masa hukumannya. Mari kita berjuang dan berdo’a pada Tuhan agar perjuangan kita di masa kini dan nantinya akan berbuah indah.

6.Saya dan semua orang baik yang mendukung bapak atau tidak, yakin dengan keputusan hakim yang harus dihormati. Saya juga akan mendukung adanya banding untuk meringankan hukuman yang ada. Semoga Tuhan terus mencurahkan kasih sayangnya kepada Bapak dan para pendukung semua.

7.Sebagai salah satu umat islam di Indonesia di mana semua keluarga saya  juga muslim, saya sudah memafkan ucapan Pak Ahok di Kepulauan Seribu sebelum adanya demo massal. Dan saat inipun saya kerap berdo’a agar teman-teman muslim lainnya turut membukakan pintu maaf untuk Pak Ahok. Semoga MUI sebagai lembaga yang memiliki hak mengeluarkan fatwa bisa lebih bijak kedepannya dengan tidak menghukum orang yang sudah meminta maaf.

8. Saya ikhlas menyerahkan persoalan Pak Ahok kepada lembaga peradilan meski sangat berat untuk itu. Saya yakin semua warga Jakarta mau menerima Pak Djarot sebagai pengganti Bapak sementara dan mendukung kerjanya sampai waktu yang ditentukan. Dengan sepenuh hati, saya akan tetap mendukung pemerintah di masa kini hingga nanti karena kecintaan pada bangsa ini seperti yang Pak Ahok tunjukkan.

9. Saya berharapa pemprov DKI yang ditinggal Pak Ahok tetap bisa meneruskan kerja kerasnya demi kemajuan kota Jakarta. Seperti yang Pak Ahok bilang, Jakarta bukan soal Ahok, tapi soal kita bersama.

10.Saya juga turut mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada majelis hakim, jaksa penuntut umum, tim pembela Pak Ahok yang telah bekerja keras menuntaskan kasus ini, meski perjalanan ini belum berakhir. Terima kasih dan selamat kepada Pak Djarot sebgai gubernur sementara pengganti Pak Ahok. Saya yakin Pak Djarot satu-satunya orang yang bisa mengimbangi kinerja Pak Ahok selama memimpin Ibukota. Untuk keluarga Pak Ahok, terutama Bu Vero dan anak-anak, semoga Tuhan memberika ketabahan yang luar biasa untuk kalian semua.

Surabaya, 10 Mei 2017

Salam 2 Jari

Nihayatur Rohmah (salah satu muslim yang yakin kau tak menista agama islam)

Share.

About Author

I'm energetic girl who love travelling. Add me on twitter @NihayaturR and facebook (Niha Alif) for sharing.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage