Memasang Google Authenticator beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Memasang Google Authenticator beserta Kelebihan dan Kekurangannya

4

Untuk memberikan keamanan ekstra bagi akun milik kita, kita bisa memasang verifikasi 2 langkah menggunakan aplikasi Google Authenticator. Jadi ketika akan log-in ke akun Google, selain memasukan password, kita juga perlu memasukan kode yang ada di aplikasi Google Authenticator. Kode tersebut berisi 6 digit angka yang akan berganti tiap 30 detik. Ini sangat penting bagi keamanan akun kita. Jika ada seseorang yang mengetahui password kita, dia masih membutuhkan 1 langkah lagi untuk bisa masuk.

Nah bagaimana cara memasang verifikasi 2 langkah menggunakan Google Authenticator di akun kita? Saya ambil contoh memakai akun Google dan kita akan memasang verifikasi 2 langkah menggunakan Browser yang ada di laptop atau PC.

Yang pertama, masuk ke akun google milik anda. Masuk melalui alamat http://accounts.google.com. Masukkan alamat email dan password anda. setelah masuk anda akan diarahkan ke alamat http://myaccount.google.com.

Yang kedua, Silahkan klik Login & Keamanan. Anda akan diarahkan ke alamat http://myaccount.google.com/security.
Yang ketiga, Silahkan klik verifikasi 2 langkah. Demi keamanan, anda akan diminta memasukkan password anda kembali. Masukan password anda dan anda akan diarahkan ke halaman Verifikasi 2 langkah.

Yang keampat, silahkan scrool ke bawah dan klik Siapkan pada pilihan Aplikasi Authenticator.

Yang kelima, pilih jenis ponsel yang anda miliki. Apakah ponsel anda berbasis android atau iPhone. Kemudian klik lanjutkan.

Yang keenam, jika anda belum menginstall aplikasi Google Authenticator silahkan install dulu di ponsel anda melalui Playstore. Jika sudah anda install, buka aplikasi Google Authenticator dan pilih siapkan akun (silahkan beri nama sesuai selera anda) dan kemudian pilih pindai Kode Batang (Scan Barcode).

Yang ketujuh, ponsel anda akan akan berubah ke mode kamera. Silahkan arahkan ponsel anda ke PC atau laptop anda untuk memindai kode batang yang ada di Komputer anda.

Yang kedelapan, anda tinggal memasukan kode 6 digit yang ada di aplikasi, kemudian klik Verifikasi.

Kini Verifikasi 2 langkah menggunakan aplikasi Google Authenticator sudah terpasang di akun anda. Kini jika ada seseorang yang mengetahui password akun anda, dia masih harus melewati 1 langkah lagi untuk masuk ke akun anda. Yakni dia harus memasukan kode 6 digit yang ada di ponsel anda.

Saya juga sudah pernah mencoba memasang Google Authenticator untuk akun Facebook, WordPress dan Yahoo. Dan berhasil.

Nah kini kita akan bahas kelebihan dan kekurangan memasang Google Authenticator di akun kita.

Kelebihan

Lebih aman.
Seperti yang sudah saya utarakan di atas, dengan memasang verifikasi 2 langkah, kita akan memberikan keamanan ekstra untuk akun kita. Lebih hebat lagi, kode 6 digit akan berubah setiap 30 detik.

Lebih cepat.
Saya dulunya memakai Verifikasi 2 langkah menggunakan kode yang dikirim melalui sms ke nomor yang telah saya setting. Tapi seringnya sms masuknya lama. Bisa 1 menit atau bahkan sampai 5 menit. Sedangkan jika menggunakan aplikasi Google Authenticator, tidak perlu menunggu lama. Bahkan jika ponsel dalam keadaan offline (mode terbang) kode 6 digit tetap bisa diakses.

Lebih hemat.
Jika menggunakan verifikasi 2 langkah menggunakan kode yang dikirim melalui sms, tentu kita akan dikenakan biaya sms (tergantung masing-masing operator yang kita gunakan). Tapi kalau menggunakan aplikasi Google Authenticator, tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Kekurangan
Diantara kelebihan tentu ada kekurangannya. Salah satunya adalah kita akan lebih repot ketika akan masuk ke akun kita. Udah masukin password masih harus masukin kode 6 digit yang ada di aplikasi.

Tapi bagaimanapun itu adalah konsekwensi jika kita ingin memberikan keamanan ekstra bagi akun kita. Kalau diibaratkan kita mempunyai rumah. Rumah kita dikasih pagar yang bergembok. Sudah bisa buka gembok pagar dan masuk ke halaman, kita musti membuka kunci pintu rumah agar bisa masuk ke rumah. Belum lagi kalau rumah yang canggih harus melakukan scanning sidit jari baru bisa masuk. Memang lebih repot, tapi tentu kita akan lebih merasa aman dari gangguan maling.

Nah demikian cara memasang Verifikasi 2 langkah menggunakan aplikasi Google Authenticator beserta kelebihan dan kekurangannya.

Semoga bermanfaat

Share.

About Author

Ayah 2 anak dan tinggal di Magelang

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage