Lagi! Ahok Bungkam 58% Warga Jakarta, Anies & Prabowo: Proyek Velodrome Taraf Internasional Bersertifikat UCI Warisan Ahok Untuk Jakarta

Lagi! Ahok Bungkam 58% Warga Jakarta, Anies & Prabowo: Proyek Velodrome Taraf Internasional Bersertifikat UCI Warisan Ahok Untuk Jakarta

102

Indonesia punya Arena VeloDrome! Siapa yang membangunnya yah? Siapa lagi kalau bukan Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok yang oleh 58% warga Jakarta dianggap tidak pantas memimpin Jakarta!

Velodrome adalah arena balap sepeda bertaraf internasional yang menggunakan teknologi modern. Di Indonesia, ini adalah velodrome satu-satunya yang pernah dibangun. bukan atas inisiatif Menteri Olah Raga, tapi ini proyek Gubernur Jakarta dalam rangka persiapan Asian Games di Jakarta yang akan dihelat pada tahun 2018 mendatang.

Proyek velodrome dibangun di daerah Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur yang saat ini menunjukkan percepatan konstruksi struktur beton yang hampir mencapai 100 persen penyelesaian. Velodrome Indoor pertama di Indonesia ini memiliki sertifikat UCI Asia Tenggara yang nantinya akan digunakan untuk ASIAN Games 2018.

Dalam desain yang ditunjukkan kepada wartawan, Velodrome nantinya akan dibuat layaknya gelanggang olah raga modern bertaraf kelas dunia. Di mana pada arena balap sepeda akan dibuat multifungsi dengan beberapa venue olah raga lainnya seperti Badminton, Futsal, Gulat, dan sebagainya.

Ahok saat itu menyebutkan desain stasiun pemberhentian LRT di Velodrome akan dibuat dengan sentuhan khas Betawi. “Yang pasti desain kami sudah masukan ciri khas budaya betawi yakni Gigi Balang,” ujar Ahok di Velodrome, Ramawangun, Jakarta Timur, Jumat (24/2).

Ahok menjanjikan bahwa pembangunan Velodrome nantinya akan mirip dengan stadion yang ada di London, Inggris. “Di London, Inggris ada apa, kita bikin mirip. Di tengahnya bisa event olahraga seperti basket, voli, futsal tapi bisa juga buat pameran sehingga gedung ini tengahnya bisa untuk pameran,” ujarnya. “Kegiatan ada terus, macam-macam, makanya kami bentuk supaya ada kegiatan,” lanjut Ahok.

Kompleks Velodrome tersebut akan dibuat dengan atap megah berbahan khusus. Selain itu, track sepeda sepanjang 250 meter itu menggunakan kayu yang diimpor dari Siberia.

Kapasitas velodrome tersebut dapat menampung 3.000 orang. Pembangunan Velodrome itu akan menelan biaya 40 juta USD atau sekitar Rp500 miliar.

Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengklaim proyek pembangunan venue balap sepeda velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur, akan menjadi ikon kebanggaan ibu kota Jakarta. Pasalnya, semua fasilitasnya disesuaikan dengan standar internasional.

Adapun pembuatan area balap sepeda secara khusus dikerjakan ES Global. Perusahaan tersebut dikenal sebagai pembuat arena balap sepeda asal Inggris. Proyek velodrome Rawamangun diperkirakan akan menelan biaya US$ 40 juta.

“Saya kira ini sudah sesuai. Kami bikin persis, itu yang saya maksud (dari Inggris), standarnya internasional. Jadi di Inggris, kalau di London ada apa, kami bikin mirip,” ujar Ahok saat meninjau velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat, 24 Februari 2017.

Project Manajer Venue Velodrome Iwan Takwin mengatakan area balap sepeda di Indonesia akan menjadi satu-satunya yang berstandar internasional di Asia Tenggara. Nantinya, area balap sepeda di velodrome akan mendapatkan sertifikat dari asosiasi sepeda internasional (UCI).

“Di Malaysia sendiri tidak berhasil dapat (sertifikat). Dua kali mereka coba, enggak berhasil. Nah ini, kita nanti satu-satunya di Asia Tenggara. Yang membedakan itu desainnya dan spesifikasi treknya,” kata Iwan.

Sebelum difungsikan, area balap sepeda tersebut akan diuji oleh Panitia Pelaksana Asian Games 2018, yakni Indonesia Organizing Committee (Inasgoc). Untuk menghindari kekosongan aktivitas pasca-Asian Games, Ahok mengatakan di tengah area balap sepeda itu akan dibangun lapangan voli, basket, atau futsal.

“Meski di tengahnya kami bikin bisa ada event olahraga basket, atau voli, atau futsal, itu bisa juga buat pameran. Sehingga gedung ini, di tengahnya itu bisa buat pameran. Jadi nanti kegiatan akan ada terus,” katanya

Ahok Memang Inovatif

Saya hanya bisa menghela napas melihat apa yang sudah Ahok bangun untuk Jakarta dan mengingat 58 persen bodoh dan sombongnya warga Jakarta.

Berapa kali Indonesia menjadi Tuan Rumah perhelatan Akbar dunia olah raga, berapa menteri olah raga yang sudah pernah menjabat,  tapi tak satupun dari mereka yang berpikir untuk membangun sebuah arena seperti velodrome ini, apalagi dengan taraf internasional yang lolos uji test UCI.

Ini kabar yang sangat menggembirakan bagi dunia persepedaan Indonesia. Kedepannya Atlit sepeda Indonesia akan mengalami peningkatan presitasi di ajang internasional lain seperti Olimpiade karena mereka sekarang akan memiliki arena latihan yang sangat-sangat menunjang.

Mari kita tunggu, warisan apa yang kira-kira anak Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berikan bagi Jakarta setelah masa kepemimpinan mereka usai dilaksanakan.

ref. Tempo.com

Share.

About Author

Pendukung Pemerintahan yang SAH! Muslim yang mendukung Ahok dan Jokowi. Warga Negara yang mencintai Negerinya.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@seword.com

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat dikirim ke iklan@seword.com

    Kontribusi ke rekening Mandiri
    13700 13064 080
    PT SEWORD MEDIA UTAMA
    KCP Yogyakarta Diponegoro

    Alifurrahman
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage