Paranoid! Habib Rizieq Berencana Melaporkan Gubernur BI, Sri Mulyani, dan Peruri

Paranoid! Habib Rizieq Berencana Melaporkan Gubernur BI, Sri Mulyani, dan Peruri

31

Membaca berita di kompas.com semakin membuat saya garuk-garuk kepala. Dalam berita tersebut dijelaskan bahwa Pimpinan FPI Habib Rizieq berencana melaporkan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Mabes Polri terkait logo mirip palu arit pada cetakan uang baru.

Gubernur BI dan Menkeu dianggap bertanggung jawab karena turut membubuhkan tanda tangan pada uang baru tersebut. Selain itu, Rizieq juga akan melaporkan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan desainer logo.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan bahwa uang rupiah tidak memuat simbol terlarang palu dan arit. Menurut Agus, gambar yang dipersepsikan oleh sebagian pihak sebagai simbol palu dan arit adalah logo BI yang dipotong secara diagonal sehingga membentuk ornamen yang tidak beraturan.

“Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang rupiah. Unsur pengaman dalam uang rupiah bertujuan agar masyarakat mudah mengenali ciri-ciri keaslian uang, sekaligus menghindari pemalsuan,” ujar Agus dalam pernyataan resmi, Selasa (10/1/2017). http://nasional.kompas.com/read/2017/01/11/18334631/rizieq.akan.laporkan.gubernur.bi.menkeu.peruri.soal.logo.palu.arit

“Mau ente apa si bib? Apa jangan-jangan ente terkena “Dunning-Kruger Effect“? Ente terkesan selalu merasa paling benar bib. Ente juga tidak tahu diri. Wong ente sendiri sudah dipanggil kepoolisian eh malah ente tanpa malu mau ngelaporin Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan, dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Saya koh jadi mendunga ente terkena “Dunning-Kruger Effect

Ada sebuah fenomena dalam psikologi yang disebut “Dunning-Kruger Effect“, kebanyakan dari yang mengalami sindrom ini adalah mereka-mereka yang sebenarnya tidak kompetenDunning-Kruger Effect ini adalah teori yang dikembangkan pada tahun 1999 oleh Dr. David Dunning dan Dr. Justin Kruger, dua profesor psikologi dari Cornell University.

Secara garis besar, Dunning-Kruger Effect didefinisikan sebagai bias kognitif di mana seorang individu yang tidak terampil menderita superioritas ilusi, mereka keliru akan tingkat kemampuan mereka dan merasa kemampuan mereka jauh lebih tinggi dari yang sebenarnya. Bias ini dikaitkan dengan ketidakmampuan metakognitif untuk mengenali mereka sendiri. http://intisari-online.com/Wellness/Psychology/Dunning-Kruger-Effect-Sindrom-Yang-Dialami-Oleh-Orang-Yang-Merasa-Paling-Benar-Dan-Tahu-Segalanya

Yang saya tahu Habib Rizieq belum pernah kuliah di jurusan ekonomi. Saya tak yakin beliau mengetahui tentang prosedur percetakan uang sampai gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang rupiah. Namun mengapa tanpa malu tiba-tiba menggugat BI hanya gara-gara ada logo yang menurut mereka berupa adalah palu arit?

Saya juga sama kaya anda bib. Saya tidak pernah kuliah di jurusan ekonomi. Namun saya yakin, orang-orang BI orang yang sangat profesional. Saya lebih percaya terhadap mereka bib karena mereka pakar di bidang itu. Kalau untuk urusan agama, mungkin saya akan bertanya kepada ente dibanding orang-orang BI.hee

BI mengeluarkan uang resmi tentu tidak sesederhana Dimas Kanjeng saat menggandakan uang. Tentu melalui prosedur yang komplek dan dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang.

Sampai saat ini saya belum pernah mendengar ucapan dari Habib Rizieq yang intinya mau mengakui kesalahan. Bahkan saya belum pernah mendengar kata maaf keluar dari mulutnya. Ini bisa jadi karena saya yang memang belum terlalu paham dengan Habib Rizieq. Jika pembaca seword.com ada yang memiliki data bahwa Habib Rizieq pernah mengakui kesalahan dan meminta maaf silahkan dishare di kolom komentar.

Banyak orang-orang yang membandingkan bahwa Habib Rizieq dan Ahok sama-sama berwatak keras, dan kalau bicara asal keluar, ceplas-ceplos. Ok, dalam hal ini saya akui. Namun pada sisi lain, saya lebih bersimpati kepada Ahok. Beliau berani mengakui kesalahan. Beliau menyadari bahwa setiap manusia (selain Nabi Muhammad) pasti melakukan kesalahan.

Sedangkan saat menghina presiden dan pancasila Habib Rizieq bukannya mengakui kesalahan, malah merasa apa yang dikatakannya memang sudah seharusnya. Yang saya tahu, Nabi Muhammad tidak pernah berkata kasar, rasis, serta mencela kepada orang-orang kafir Quraish. Nabi selalu santun terhadap siapapun. Tak pernah beliau menghina orang lain.

Kalau boleh menduga, apa jangan-jangan Habib Rizieq terkena paranoid akut?

Menurut referensi yang saya baca, paranoid adalah gangguan yang diderita seseorang yang meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya. Dikatakan sebagai bentuk gangguan bila perilaku tersebut sifatnya irasional, menetap, mengganggu, dan membuat stress. Gangguan mental ini disebabkan oleh tanggapan terhadap pertahanan psikologis (mekanisme pertahanan diri) yang berlebihan terhadap berbagai stres atau konflik terhadap egonya dan biasanya sudah terbentuk sejak usia muda.

Ini dugaan saya. Dugaan saya tentu tidak asal-asalan. Saya menyimpulkan bahwa Habib Rizieq bisa jadi terkena paranoid karena saya melihat gerak-gerik Habib Rizieq bagaimana beliau sangat khawatir jika Ahok menjadi gubernur. Beliau sangat khawatir PKI akan kembali menguasai Indonesia. Beliau juga khawatir aka nada Chinaisasi di Indonesia. Padahal apa yang dikhawatirkan beliau belum terbukti secara empiris.

“Namun mudah-muadahan dugaan saya salah ya bib. Mudah-mudahan ini tulus dari hati ente ingin membela agama Islam”. heee

Kesimpulannya, ketakutan yang tak terkendali terkadang bisa membuat seseorang tidak mampu berpikir rasional dan bertindak gegabah tanpa pertimbangan yang matang. Tentu pembaca seword.com sependapat bahwa rencana Habib Rizieq yang akan melaporkan melaporkan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani merupakan tindakan yang lucu dan lebay.

Mungkin seperti itu…..

Share.

About Author

Akademisi, Santri, Penikmat Sastra dan Seni WA : 085870448628 BBM : D22E6398

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email [email protected], jika layak nantinya akan diberi akses sebagi penulis seword. Admin akan mereview setiap karya yang masuk sebelum layak ditayangkan.

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat menghubungi:

    Alifurrahman
    BBM: 74B86AE4
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage