Rahasia Memilih Jodoh 2: Satu Visi

Rahasia Memilih Jodoh 2: Satu Visi

0

Ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya: Rahasia Memilih Jodoh 1. Bagi yang masih main-main pacaran, lupakan ini, konsumsi bagi yang serius saja.

Setelah kita tahu calon kita itu sudah jelas seiman (dan pastinya lawan jenis), maka ada rahasia kedua yang sangat perlu kita perhatikan. Rahasia kedua ini adalah kita harus punya satu visi atau satu tujuan.

Kenapa satu visi ini menjadi penting

Visi adalah apa yang akan menjadi tujuan besar kita kedepan. Apa yang akan dicapai bila kita kelak akan menjadi keluarga? Rencana apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan besar itu? Atau malah kita mencari calon asal dia cinta atau sayang sama kita? Emang bisa bayar nasi, listrik, rumah, sekolah dengan sayang? Kalau hanya sebatas ini, maka kita akan menjadi salah satu orang yang paling malang dalam hidup ini.

Bila seorang yang jelas hidupnya, maka dia akan hidup untuk mencapai tujuannya setiap hari. Ya pasti kadang kala sering jatuh bangun. Tapi visi itu tidak akan pernah hilang dalam ingatannya. Dan bila dia bisa berjalan dalam visi itu dan menggapainya, maka ia dapat kita sebut sebagai orang yang berhasil.

Lalu visi ini akan menjadi menarik saat ada dua insan yang punya visi masing-masing, lalu meletakan ego bersama dan membuat visi baru dalam rencana hidup mereka. Kekuatan dua orang ini akan menjadi sangat solid. Yang satu akan menopang yang lain.

Apakah anda ingat betapa Ainun sangat mendukung visi Habibie yang ingin sekali menciptakan pesawat sebagai bukti pengabdiannya kepada Indonesia? Ainun rela menunda melanjutkan pendidikannya, rela terpisah sesaat berapa tahun dengan tulang rusuknya, rela membesarkan anak-anak sendirian dan tidak pernah menyalahkan apa yang menjadi visi suaminya. Dan pada akhirnya tercapailah pesawat produksi lokal Indonesia pada zaman itu.

Apa tolak ukur visi? Visi itu harus konkrit bukan teori. Visi sebaiknya bisa dihitung perencanaannya dan bisa dihitung pelaksanaannya. Misalnya suami istri sepakat untuk menjadi pengusaha catering sukses di kecamatannya. Maka mereka belajar memasak menu makanan apa saja yang favorit dalam hal catering. Bagaimanakah cara memperoleh modal? Siapa saja pihak yang terlibat didalamnya? Harga mana yang harus akan ditetapkan? Siapakah yang menjadi sasaran mereka? Bagaimana cara promosi catering yang sudah mempunyai banyak saingan.

Saat mereka melakukan itu hari demi hari, minggu ketemu minggu, bulan berjalan tahun, maka mereka akan semakin maju dalam visinya. Sehingga benar-benar menjadi pengusaha sukses catering di kecamatan mereka. Tentunya akan menggunakan banyak effort, waktu, keringat dsb.

Apa manfaat bila kita satu visi dengan calon kita

Akan terjadi kombinasi yang kuat dalam menjalankan visi ini. Suami mendukung isitri, istri menyokong suami. Jadinya ada tenaga ekstra. You are not alone. Bila seorang mulai kabur dengan visinya, maka pasangannya akan menjadi rimender hidup untuk menghentak kita kembali pada visi.

Suatu kali ada kisah seorang keluarga yang punya visi mengabdi ke salah satu desa tertinggal dipegunungan. Suami ini seorang guru dan istrinya seorang dokter. Mereka menginginkan adanya perubahan dan dampak positif bagi penduduk desa. Jadi saat suami mengajar anak-anak desa dengan peralatan seadanya, maka sang istri keliling desa untuk mencari siapa saja yang sakit dan mengobatinya. Sehingga mereka benar-benar menjadi kesatuan yang berfaedah riil.

Satu orang memiliki dampak positif, apalagi dua orang yang mempunyai satu visi, dampaknya pasti berlipat ganda. Akhirnya desa yang itupun berubah menjadi hidup dan sehat. Bahkan banyak generasi yang diselamatkan dari kebodohan dan kematian.

Kalau hanya sekedar mencari calon, tanpa visi bersama, hidup mengalir saja, maka akibatnya akan terjadi boring tingkat dewa. Hidupmu akan datar-datar saja. Akan lebih baik bila naik turun bersama, suka duka bersama, gagal bersama dan berhasil bersama. Dan pada akhirnya hidup kita mendatangkan manfaat bagi sekitar kita.

Tetapkanlah visi bersama bila sudah ada calon yang fix. Berdiskusilah apa yang bisa kita capai bersama. Tentukanlah langkah-langkah praktis yang semakin menyempurnakan visi itu.

Sah-sah saja memiliki visi mengarungi semua negara di Eropa, sah saja memiliki visi menjadi penulis paling berdedikasi, sah saja memiliki visi menjadi enterpreuner kelas dunia, sah saja menjadi designer dan arsitek kelas dunia. Sebab itu carilah pasangan yang mendukung, jangan malah memperlambat jalan kita. Semoga pembaca setia seword.com bisa menemukan jodoh yang sevisi untuk mengarungi samudera kehidupan yang panjang.

Share.

About Author

Anak kampung yang sedang belajar tentang hayat/hidup dan kehidupan, belum lulus lulus.

  • About

    Seword.com adalah website opini terpercaya dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email [email protected], jika layak nantinya akan diberi akses sebagi penulis seword. Admin akan mereview setiap karya yang masuk sebelum layak ditayangkan.

    Ada kompensasi Rp 3 perhits/view dan dibayarkan setiap bulannya. Misal anda menulis 10 artikel dengan hits/view 11.212 perartikel maka anda berhak mendapat Rp 336.360,-

    Untuk pemasangan iklan atau kerjasama lainnya dapat menghubungi:

    Alifurrahman
    BBM: 74B86AE4
    WA: +150 6802 8643

  • Seword Fanspage